CARA MEMILIH MAKANAN BAYI SESUAI USIA

CARA MEMILIH MAKANAN BAYI SESUAI USIA

Makanan bayi merupakan hal utama bagi para bunda yang ingin anaknya mendapatkan kecukupan gizi. Menjadi seorang ibu memang tidaklah mudah. Selain harus mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga, ibu juga harus mengetahui takaran tepat untuk makanan bayinya yang di sesuaikan dengan usia dan kebutuhan gizinya. Hal ini akan memenuhi takaran makanan bayi setiap harinya.

CARA MEMILIH MAKANAN BAYI SESUAI USIA

Nah, kalian pasti pengen tahu kan bagaimana cara memilih makanan bayi yang baik sesuai usia nya. Berikut ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya mengenai cara memilih makanan bayi yang benar sesuai dengan tingkat kebutuhannya.

Makanan Bayi Usia 0-4 Bulan

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa ASI merupakan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh bayi baru lahir. ASI ataupun kolostrum mempunyai kandungan antibody seperti AgA, IgM dan IgG yang mampu menjaga system kekebalan tubuh si kecil. Kolostrum juga dapat membantu bayi anda untuk menghindari melonjaknya billirubin, ini merupakan pigmen yang dapat menyebabkan penyakit kuning pada bayi.

Makanan Bayi Usia 4-6 Bulan

Selama dalam periode ini bayi anda mulai memperlihatkan beberapa tindakan seperti menutup mulutnya pada saat di suapi dan kembali merasa lapar setelah di berikan ASI sebanyak 8 hingga 10 kali dalam sehari. Saat ini anda bisa memberinya 1 sendok makan bubur yang terbuat dari bahan buah ataupun sayuran. Ini salah satu makanan bayi yang cukup baik.

Makanan Bayi Usia 6-8 Bulan

Bayi yang sudah berusia 6 hingga 8 bulan bisa di berikan makan 3 sampai 9 sendok makan bubur dalam 2 sampai 3 kali makan. Sisipkan juga sayuran rebus agar menu makan bayi anda lebih sehat. Beberapa bayi ada yang menderita intoleransi pada beberpa makanan tertentu.

Untuk  itu sebaiknya bunda memperhatikan bayi yang memiliki potensi alergi.Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut sebaiknya para bunda banyak bertanya pada ibu-ibu yang sudah mempunyai pengalaman dalam hal tersebut. Karena makanan bayi yang menyebakan alergi pada bayi bisa membahayakan si bayi.

Makanan Bayi Usia 8-10 Bulan

Pada saat bayi memasuki usia ini, anda mulai boleh memberikan sejumlah kecil sereal yang berbahan gandum. Tambahkan saja 1/8 hingga ¼ cangkir makanan yang mengandung protein seperti bubur telur, ikan, daging, dan juga kacang-kacangan. Pastikan terlebih dahulu anda terlebih dahulu meghaluskannya hingga benar-benar lembut agar mudah di konsumsi dan cocok untuk pencernaan bayi.

Baca juga: Inilah Daftar Lengkap Makanan Bayi Usia 6 Bulan yang Paling Bergizi

Makanan Bayi Usia 10-12 Bulan

Pada saat bayi sudah mencapai usia hampir satu tahun, si kecil boleh mengkonsumsi sejumlah kecil makanan sehat yang telah di perkaya dengan kandungan zat besi. Selain itu, makanan yang mengandung protein dan juga sayuran menjadi suatu menu wajib selama bayi anda dalam periode tersebut.

Itulah beberapa tips memilih makanan bayi sesuai usia mereka. Semoga bisa membuat bayi anda semakin sehat dan pintar ya bunda.

Be the first to comment on "CARA MEMILIH MAKANAN BAYI SESUAI USIA"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*