Cara Memilih Susu Pertumbuhan Bayi

Enam bulan pertama usia si kecil adalah momen berharga yang harus dinikmati oleh setiap orang tua. Bagi ibu, memberikan ASI eksklusif adalah kewajiban utama yang perlu dilakukan agar kebutuhan nutrisi dan gizi yang ia butuhkan dapat terpenuhi secara efektif dan optimal. Selepas masa 6 bulan pertama tersebut, bayi dapat diberikan susu pertumbuhan khusus dan makanan pendamping ASI sesuai kebutuhannya. Karena berbagai merek susu pertumbuhan bayi saat ini sangat beragam, maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini sebagai cara untuk memilih susu pertumbuhan yang palling tepat bagi buah hati Anda, yaitu:

  •  Perhatikan kredibilitas produsen.

Memilih merek susu pertumbuhan yang berkualitas tinggi dari produsen yang kredibilitasnya baik menjadi hal utama yang perlu dilakukan agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan si kecil dapat tercukupi dengan baik. Susu berkualitas tinggi tentu diproduksi oleh perusahaan yang kompeten dan berkomitmen tinggi tentu bisa diandalkan dan sangat terjamin. Produsen yang baik juga pasti memiliki reputasi yang positif, mempunyai legalitas resmi dan diandalkan oleh berbagai kalangan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil karena menyediakan produk bermutu tinggi.

Baca juga : Seputar Manfaat, Tips Perawatan dan Harga Teether

  • Perhatikan komposisi dengan teliti.

Ada banyak susu pertumbuhan yang diproduksi oleh berbagai perusahaan saat ini. Masing-masing produk dibuat dengan racikan atau formula komposisi bahan yang berbeda satu sama lain. Untuk dapatkan susu pertumbuhan terbaik, Anda harus mencermati tabel komposisi secara teliti. Pastikanlah semua bahan yang terdapat dalam susu pertumbuhan tersebut aman dan baik bagi kesehatan si kecil. Jangan sampai susu yang dipilih mengandung pemanis buatan dan berbagai zat lain yang kurang baik.

  • Perhatikan kategori produk dengan usia bayi.

Berbagai produk susu pertumbuhan bayi dijual sesuai kategori usia masing-masing. Ada yang ditawarkan untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan, usia 6 bulan hingga 1 tahun, usia 1 hingga 3 tahun dan seterusnya. Pastikanlah kategori produk susu pertumbuhan yang dipilih sesuai dengan usia anak tercinta. Jadi, manfaat dan formula yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan tahap tumbuh kembangnya.

  • Perhatikan informasi nilai gizi.

Selain mencermati kualitas, komposisi dan kategori produk susu pertumbuhan yang akan dibeli, Anda juga perlu memperhatikan informasi nilai gizi yang terkandung dalam produk tersebut sehingga manfaat dan nutrisi yang akan diperoleh si kecil dapat dikenali dengan baik. Kandungan kalsium, protein, vitamin dan lain-lain dalam susu tersebut dapat menjadi modal pertumbuhan yang sangat dibutuhkan bagi tubuh si kecil.

  • Perhatikan saran dokter dan kebutuhan si kecil.

Berkonsultasi dan mencari referensi susu pertumbuhan yang baik bagi si kecil pada dokter sangatlah penting agar asupan nutrisi yang ia cari dapat dipenuhi dengan sempurna melalui susu yang dikonsumsi. Selain itu, berkonsultasi dan mencari saran dokter juga perlu dilakukan terutama bila si kecil mengalami alergi susu atau kendala yang lain sehingga tidak bisa sembarangan dalam memilih susu pertumbuhan yang akan dikonsumsi.

 Setelah mendapatkan susu pertumbuhan bayi yang tepat dan berkualitas tinggi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa dan kondisi kemasan susu dengan baik supaya kualitas dan kandungan gizi di dalamnya tidak rusak ketika dikonsumsi. Selain itu, menyesuaikan takaran pengonsumsian susu dengan baik berdasarkan aturan yang sudah tertera pada kemasan masing-masing juga perlu dilakukan supaya asupan nutrisi yang dibutuhkan bisa dipenuhi dengan baik. Alhasil, manfaat susu yang diperoleh pun bisa dinikmati untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Be the first to comment on "Cara Memilih Susu Pertumbuhan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*