Cara Menangani Saat  Bayi Diare

Cara Menangani Saat  Bayi Diare

Kasus bayi diare di Indonesia hingga mengalami kematian mempunyai prosentasi kurang lebih 30% hingga 45% pada usia balita 1 sampai 4 tahun. Diare pada bayi disebabkan beberapa faktor yang tidak anda duga-duga, penyebabnya pun juga cukup beragam.

Cara Menangani Saat  Bayi Diare

Makanan serta gizi untuk bayi tentu saja akan dijaga dengan sebaik mungin, jika bayi diare tentu saja anda harus berfikir ulang mengapa bayi anda bisa diare bahkan anda juga harus mengetahui penyebabnya. Jika  bayi anda mengalami diare jangan yang tidak terlalu parah jangan kawatir Moms, berikut ini cara menangani diare pada bayi yang perlu anda simak guna menambahkan pengetahuan anda.

  • Kebersihan

Dalam memberikan asupan makanan selain gizi yang harus diperhatikan, hal lainnya adalah kebersihan. Jika bayi anda diare sebaiknya lain kali anda harus lebih pandai-pandai dalam menjaga kebersihan. Sebelum memberikan sesuatu makanan apapun sebaiknya anda cuci terlebih dahuu baik makanan ataupun barang yang lain. Cucilah dengan air yang mengalir pastikan memang sudah betul-betul bersih.

Baca juga: Penyebab Perut Kembung Bayi dan Cara Aman Mengatasinya

  • Berilah makanan yang mengandung serat

Dalam mengatasi bayi diare alangkah lebih baiknya anda memberikan makanan yang berstekstur serat seperti pisang yang memang aman di konsumsi untuk bayi. Atau anda juga memberikan jenis makanan lain seperti sayur yang memang mempunyai kandungan kaya akan serat.

  • Konsultasikan ke dokter anak anda

Jika memang diare pada anak anda belum sembuh, sebaiknya anda dapat konsultasikan kepada dokter anak anda. Konsultasikan masalah diare mulai dari cara menanganinya hingga cara penyembuhan.

  • Periksa di Rumah Sakit

Jika bayi anda mengalami diare alangkah lebih baiknya jika anda membawanya periksa ke rumah sakit agar bayi anda juga dapat diatasi dengan ahlinya dan anda juga dapat mengetahui dengan benar apa yang sedang anak anda alami apakah diare biasa atau bahkan hingga srius. Dokter kemungkinan akan memberitahukan kondisi anak anda sehingga anda tidak perlu cemas. Sebaiknya lakukan sesuai dengan perintah dokter.

  • Beri obat

Dalam memberikan obat pada anak anda sebaiknya tidak boleh sembarangan atau bahkan anda memberikan obat warung. Sebelum anda periksa ke dokter sebaiknya anda jangan asal memberikan jenis obat dikhawatirkan oabat yang anda berikan kepada anak anda salah. Berilah obat yang memang dianjurkan oleh dokter jika sebelumnya sudah berobat. Selain itu memberi obat anak sesuaikan dengan takaran dosis yang telah dokter berikan. Berikan obat sesuai dengan prosedurnya agar anak anda secepatnya lekas sembuh. Dalam menyimpan obat juga tidak boleh sembarangan diperlukan ketelitian dan kebersihan agar obat anak anda juga tidak terkontaminasi yang dapat menyebabkan diare anak anda semakin parah.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai acara menangani bayi diare. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk anda dan dapat anda terapkan untuk antisipasi jika bayi anda mengalami diare.

Be the first to comment on "Cara Menangani Saat  Bayi Diare"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*