Cara Mengatasi Ruam Popok

Kulit bayi masihlah sensitif sehingga rentan terkena iritasi, salah satunya adalah ruam popok. Iritasi atau ruam pada bagian tubuh bayi yang tertutup popok ini memang menjadi sesuatu yang cukup mencemaskan apabila tidak segera diatasi karena membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Berikut ini adalah cara mengatasi ruam popok dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

  • Soda Kue / Baking Soda

Salah satu bahan yang bisa menyembuhkan ruam popok adalah soda kue atau baking soda. Caranya adalah dengan melarutkan 2 sendok makan baking soda ke dalam 1 liter air bersih. Gunakan larutan tersebut untuk membasuh bagian pantat bayi ketika akan mengganti popok bayi. Gunakan kain yang lembut serta mampu menyerap air lalu usapkan pada bagian pantat bayi. Selain itu bisa juga dengan melarutkan 2 sendok makan baking soda ke dalam air hangat yang digunakan bayi untuk mandi dan pastikan kulit bayi sehabis mandi harus dikeringkan secara sempurna sebelum memakaikan popok.

  • Tepung Maizena / Tepung Jagung

Tepung Maizena mampu  menyerap kelembaban yang ada di kulit bayi sehingga dapat menjaga  kulit bayi agar tetap kering. Apabila popok kotor, maka harus segera dibersihkan menggunakan air hangat sampai bersih. Sebelum dipakaikan popok, sebaiknya kulit bayi diangin-anginkan terlebih dahulu agar kering sempurna, kemudian taburkan tepung jagung pada kulit sebelum popok dipakaiakan pada bayi. Lakukan ini dengan rutin hingga kulit bayi sembuh.

  • Oatmeal

Oatmeal memiliki jumlah protein yang tinggi sehingga dapat membuat kulit lebih sejuk dan menyembuhkan kulit yang terkena iritasi. Oatmeal mempunyai kandungan saponin yang merupakan senyawa kimia yang bisa menghilangkan kotoran serta minyak yang ada pada pori-pori kulit. Oatmeal ini juga bisa digunakan  sebagai campuran air mandi bayi. Oatmeal bisa membuat kulit bayi lebih lembut serta tenang, dan untuk menyembuhkan ruam popok bisa dengan memandikan bayi dengan larutan oatmeal 2 x sehari.

Baca juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir untuk Orangtua Muda

  • Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menyembuhkan ruam popok. Minyak kelapa ini memiliki sifat antimikroba serta antijamur sehingga bisa mengobati ruam popok.Minyak kelapa berguna sebagai pelembab kulit. Cara menyembuhkan ruam popok dengan minyak kelapa adalah dengan cara megusapkan minyak kelapa di daerah yang terkena iritasi 2-3 kali sehari. Minyak kelapa ini juga bisa ditambahkan pada air mandi bayi sehingga bisa membunuh  jamur Candida yang menjadi penyebab ruam popok.

  • Cuka

Selain sebagai penyedap masakan, cuka ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok. Ompol bayi yang bersifat basa dapat diimbangi dengan cuka yang mampu menetralkan sifat basa. Saat mencuci popok kain, cairan pencuci bisa ditambahkan dengan cuka pada bilasan terakhir, hal ini akan menghilangkan penumpukan sabun pada popok serta menghilangkan bau ompol. Tak hanya itu, ketika mengganti popok, bisa juga dengan menyeka kulit bayi dengan larutan cuka yang telah dicampur air.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan para orangtua untuk mengatasi ruam popok, setelah ruam popok, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area popok agar ruam popok tidak kambuh lagi.

 

Be the first to comment on "Cara Mengatasi Ruam Popok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*