Cara Mengobati Putting Lecet Akibat Gigitan Bayi

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan para ibu yang sedang menyusui adalah puting lecet dan nyeri akibat gigitan bayi. Banyak ibu yang trauma dan berhenti memberikan ASI. Menghentikan pemberian ASI bukan solusi yang baik apalagi usia bayi belum mencapai dua tahun.

Alangkah baiknya pemberian ASI terus diberikan hingga anak berusia 2 tahun. Kenapa? Karena ternyata memberikan ASI ekslusif tidak hanya bermanfaat bagi bayi namun juga bermanfaat bagi ibu. Memberikan ASI langsung membantu mengembalikan kondisi hormon ibu setelah melahirkan.

Solusi yang paling tepat menghadapi kebiasaan anak menggigit adalah mencari tahu penyebabnya, cara mengobatinya dan cara melepaskan gigitan bayi. Anda bisa memberikan obat oles yang aman untuk mengurangi pedih akibat lecet.  Apa pun cari solusi yang terbaik agar buah hati tetap mendapatkan asupan gizi dari ASI langsung agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal.

Selain mengobati dengan obat oles ada beberapa cara efektif yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan lecet akibat gigitan bayi, seperti:

Baca Juga : Jenis-Jenis Teether Bayi Berdasarkan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengobati Luka atau Lecet di Puting

  1. Kompres menggunakan air hangat pada daerah payudara yang sakit
  2. Jika puting susu menjadi pecah-pecah hindari menggunakan sabun mandi untuk membersihkannya. Cukup dikompres dengan air hangat dan oleskan minyak kelapa, minyak zaitun atau baby oil.
  3. Jika sudah selesai menyusui, oleskan sedikit ASI pada puting. ASI dapat membantu puting tetap lembap dan mempercepat proses penyembuhan luka.
  4. Untuk meringankan rasa sakit Anda bisa menggunakan kompresan kantong teh hangat. Caranya kompres dibagian daerah puting yang lecet atau luka. Anda juga bisa mengkompres sebelum menyusui untuk mencegah terjadinya luka.
  5. Jika masih lecet jangan dulu menggunakan BH dan sebaiknya hindari pakaian yang ketat agar tidak sering terjadi gesekan kain pada kulit. Melepas bra bisa membantu luka cepat kering, tidak lembab dan mencegah luka lebih parah.

Cara melepaskan gigitan bayi

Cara melepaskan gigitan harus dilakukan dengan lemah lembut, caranya bisa dengan memasukkan jari kelingking ke sudut mulutnya. Atau bisa dengan cara menekan dagunya ke arah bawah agar mulutnya terbuka, nah saat mulutnya sedikit terbuka segera keluarkan puting dari mulutnya.

Walaupun bayi belum mengerti apa yang Anda ucapkan, cobalah bicara dan nasihati dengan kata-kata yang lembut dan lakukan kontak mata langsung.

Jangan pernah teriak atau menjerit saat ia menggigit puting Anda, karena ia akan terkejut dan menangis. Ditakutkan bayi menjadi trauma. Anda bisa mencoba mengalihkan perhatiannya dengan cara memberikan mainan atau makanan.

Mengalami lecet karena gigitan bayi saat menyusui merupakan hal yang wajar dan dibutuhkan kesabaran. Jadi jangan sampai Anda menghentikan pemberian ASI langsung dari payudara. Ingat, ASI sangat penting untuk proses tumbuh kembangnya.

Be the first to comment on "Cara Mengobati Putting Lecet Akibat Gigitan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*