Cara Menjaga Kesehatan Bayi di Musim Panas Agar Tidak Terkena Penyakit Cacar Air

Musim panas menjadi salah satu musim yang mungkin cukup membuat banyak orang tua khawatir terhadap bayi mereka. Orang tua perlu untuk menjaga kesehatan bayi mereka karena ini akan membuat bayi tetap sehat di musim panas yang juga rawan dengan beberapa penyakit. Ada beberapa cara yang masih bisa dilakukan oleh orang tua dalam menangani masalah kesehatan yang sering kali membuat anak harus berurusan dengan dokter.

Penyakit yang sering muncul pada saat musim panas sendiri diantaranya adalah penyakit cacar air, biang keringat sampai dengan flu yang biasanya terjadi pada saat pergantian musim. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan ini antara lain:

Baca juga: Menjaga Kesehatan Bayi dari Hal Sederhana

  1. Selalu berikan air putih, ini merupakan cara agar bayi kita terhindar dari dehidrasi. Udara yang sangat panas pastinya akan membuat dehidrasi ini bisa berjalan dengan terus menerus. Maka dari itu kita harus sering memberikan susu atau air putih.
  2. Mengganti popok dengan sering, karena udara panas juga sangat berpengaruh pada popok bayi dimana bayi bisa lebih cepat berkeringat. Jadi bisa menimbulkan bahaya jamur yang tumbuh pada popok bayi kita.
  3. Jangan terlalu lama terkena sinar matahari, jika memang pada pagi hari bayi Anda harus berjemur maka jemurlah di tempat yang terkena sinar matahari yang sesuai. Ada beberapa sinar matahari yang memang bisa menyebabkan kulit bayi kering. Selain itu jangan terlalu lama menjemur karena sinar matahari terlalu terik.
  4. Buatlah waktu mandi yang teratur, karena suhu yang panas maka bayi akan cepat berkeringat maka kita harus menyesuaikan waktu mandi juga agar bayi kita tetap sehat dan juga tidak terjadi keringat yang berlebih.

Menjaga suhu tubuh bayi pada musim panas memang menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan bayi. Cara lain yang dapat kita gunakan adalah dengan cara menjaga suhu ruangan yang ada di kamar khususnya. Ini akan membuat bayi akan nyaman dan pastinya bisa tidur nyenyak. Jika harus menggunakan AC maka sesuaikan udara yang pastinya cocok.

Inilah yang membuat banyak orang harus bisa merawat bayi pada saat musim panas terutama musim yang cukup ekstrim. Hal ini terjadi karena suhu udara biasanya tidak akan menentu dan akan membuat anak kita mudah terserang penyakit juga. Orang tua juga harus menambah ekstra biaya untuk popok pastinya.

Tidak perlu ragu karena semua perawatan yang dilakukan memang harus diberikan untuk membuat tubuh bayi tidak sakit. Kesehatan bayi merupakan nomor pertama untuk kehidupan mereka. Selalu berikan peralatan yang ramah juga terhadap udara dan tubuh bayi agar mereka tetap nyaman. Bersihkan juga hunian Anda dari kotoran pada saat musim panas.

 

Be the first to comment on "Cara Menjaga Kesehatan Bayi di Musim Panas Agar Tidak Terkena Penyakit Cacar Air"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*