Cara Menyajikan Susu Formula yang Benar untuk Si Kecil

Cara Menyajikan Susu Formula yang Benar untuk Si Kecil

 

Susu formula mungkin sangat dibutuhkan bagi bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif. Tetapi ternyata susu tersebut penggunaannya lebih berisiko dibanding ASI eksklusif apalagi dari sisi kebersihannya. Penyajian yang kurang tepat dalam susu ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi, seperti diare. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara penyajian susu formula yang baik dan higienis.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Hal yang paling penting dalam menyajikan susu formula adalah selalu jaga kebersihan botolnya karena bisa saja terdapat bakteri yang bersarang di botol akibat dari proses pencuciannya yang salah. Terlebih, bentuk botol bayi memang sangat sulit untuk dibersihkan. Cara mencuci botol bayi yang benar adalah dengan menggunakan air hangat serta sabun cuci piring. Agar dapat menjangkau sisi dalam bagian botol pakailah sikat khusus botol bayi. Anda juga harus memperhatikan kebersihan sikat botolnya, pastikan bahwa sikat tersebut bersih. Kemudian bilas botol bayi dengan air bersih.

Cara Menyajikan Susu Formula yang Benar untuk Si Kecil

Selain dengan mencuci, untuk menjaga kebersihan botol bayi juga harus melakukan sterilisasi botol. Caranya dengan merebus botol yang suda dipisahkan bagiannya dengan menggunakan air. Rebuslah botol bayi tetapi jangan sampai airnya mendidih karena dapat melepaskan bahan kimia dari botol tersebut. Anda juga dapat merendam botol dengan menggunakan air panas selama kurang lebih 5 menit untuk mensterilkannya dari kuman dan bakteri.

Tips lagi untuk para ibu, jangan sekali-kali mengeringkan botol dengan memakai microwave. Apalagi botol plastik pada bayi mengandung polikarbonat atau botol no. 7 atau PC dapat melepaskan bahan kimia bisphenol A yang membahayakan si bayi. Biarkan botol kering dengan sendirinya di suhu ruangan atau jika ingin segera memakai botol tersebut Anda boleh mengelap dengan tisu. Hindari pemakaian kain lap karena bisa saja terdapat bakteri dalam kain tersebut.

Cara Penyajian Susu Formula Bayi

Bersihkan dulu tempat yang Anda gunakan untuk menyajikan susu dan jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menyajikan susu bayi. Lalu kemudian rebuslah air untuk menyeduh susunya, gunakan air hangat kurang lebih 70° C. Hal tersebut berfungsi untuk membunuh bakteri Enterobacter sakazakii yang mungkin terkandung dalam susu formula Anda. Selain itu, susu formula juga harus segera diminum atau jika tidak disimpan di dalam kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri tersebut.

Baca juga https://bayionline.net/

Siapkan susu formula kemudian liat tanggal kadaluwarsanya untuk memastikan bahwa susu tersebut masih aman untuk diminum. Kemudian bacalah takaran cara menyajikan susu tersebut, berapa sendok susu dan berapa liter air yang harus dituangkan. Setelah itu aduklah susu hingga merata dan larut sempurna. Kemudian jika air dirasa masih terlalu panas, dinginkan dengan menggunakan mangkuk yang berisi es atau air dingin. 

Be the first to comment on "Cara Menyajikan Susu Formula yang Benar untuk Si Kecil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*