Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Tidak Mudah Sakit

Kehadiran bayi mungil menjadi kebahagiaan dalam rumah tangga. Namun menjadi seorang ibu, terutama yang baru memiliki anak, kehadiran bayi bisa menguras tenaga dan emosi. Banyak orang tua yang kebingungan bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir yang benar. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas perawatan bayi yang benar yang perlu para ibu/ calon ibu ketahui.

Menjaga Kebersihan Tubuh Bayi

Tips pertama cara merawat bayi agar tubuhnya tetap bersih caranya adalah dengan memandikan bayi minimal 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore. Mandi dapat membuat badan bersih dan segar. Selain itu biasakan bayi Anda mencuci tangan setelah bermain, sebelum dan sesudah makan. Ajari ia mencuci tangan menggunakan sabun yang benar. Selain itu gunakan pakaian yang nyaman dan bersih agar kondisi kesehatan kulit bayi tetap terjaga.

Memberikan Makanan Dan Minuman Yang Sehat

Makanan yang dimakan dan minuman yang diminum menjadi faktor penting kesehatan tubuh anak. Memberikan asupan nutrisi yang baik adalah yang sesuai dengan usia dan kebutuhan pertumbuhannya. Nutrisi yang baik tidak hanya mampu meningkatkan pertumbuhannya saja namun dapat membantu daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Jam Istirahat Atau Tidur Yang Cukup

Agar bayi tidak mudah terkena penyakit adalah dengan mengatur jam tidurnya. Dengan tidur adalah untuk mengembalikan stamina setelah seharian bekerja dan beraktivitas. Termasuk salah satunya megembalikan sistem imun agar saat ia terbangun tubuhnya segar dan bisa kembali aktif. Bayi yang kurang tidur akan lebih mudah terkena penyakit, misalnya: rentan tertular flu, batuk dsb. Jadi pastikan bayi Anda istirhat dengan jam tidur sesuai dengan usianya.

Jemur Badan Pada Waktu Pagi Hari

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk bayi, jemur badan penting juga dilakukan oleh orang dewasa apalagi yang usianya sudah manula. Sinar matahari pagi bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tulang kuat dsb. Waktu yang paling tepat untuk jemur badan adalah sebelum jam 8 pagi, pada jam dimana udara masih bersih dan segar. Lamanya kurang lebih 10 – 15 menit.

Istirahat Jika Sakit

Jika bayi Anda sakit, misalnya terkena demam akibat flu. Pastikan kondisinya tidak banyak bergerak atau beraktivitas. Pastikan asupan nutrisinya terpenuhi. Jika sakit tidak sembuh-sembuh, segera bawa ke dokter agar diketahui penyebab pastinya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi cara merawat bayi agar tidak mudah terkena penyakit yang wajib orang tua ketahui. Merawat dan menjaga anak sudah menjadi kewajiban semua orang tua. Seiring bertambahnya umur buah hati Anda, akan diikuti pula dengan sistem imun yang semakin berkembang. Semoga artikel ini dapat menambah informasi seputar bayi, khususnya mengenai cara perawatan yang tepat. Selamat mencoba!

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Tidak Mudah Sakit"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*