Cara Merawat Bayi Baru Lahir untuk Orangtua Muda

Kelahiran bayi merupakan kebahagiaan yang besar untuk orangtua, akan tetapi bagi orangtua muda atau yang baru pertama kali memiliki bayi tentunya ada kecemasan sekaligus kekhawatiran saat merawatnya karena belum ada pengalaman sebelumnya dalam merawat bayi. Berikut ini adalah cara merawat bayi yang perlu diperhatikan.

  • Jaga Kebersihan dan Keamanan

Sebelum menggendong atau memegang bayi yang baru lahir sebaiknya perhatikan kebersihan diri, salah satunya adalah dengan mencuci tangan terlebih dulu. Hal ini sangatlah penting agar bayi terhindar dari kuman. Hati-hati ketika menggendong bayi, perhatikan pegangan pada bagian leher serta kepala bayi. Apabila ingin membangunkan bayi saat hendak menyusui, jangan mengguncang tubuh bayi karena bisa mengakibatkan pendarahan pada otak.

  • Memandikan Bayi

Bayi yang baru lahir sebaiknya dimandikan minimal dua kali dalam waktu seminggu. Apabila tali pusat bayi belum copot, sebaiknya memandikan bayi menggunakan spons atau waslap saja. Jangan memandikan bayi dengan sabun dan shampo orang dewasa karena kondisi kulit bayi berbeda dengan orang dewasa. Gunakan shampo serta sabun bayi yang memang dibuat khusus untuk bayi. Untuk perlengkapan mandi, orangtua sebaiknya harus memiliki atau membeli bak mandi bayi, handuk lembut, kain waslap, serta produk-produk mandi untuk bayi.

  • Mengganti Popok

Salah satu hal yang dianggap susah saat merawat bayi yang baru lahir adalah  memasang atau mengganti popok. Bayi yang baru lahir, biasanya popoknya haus diganti hingga 10 kali. Namun, ini tentunya bergantung pada asupan yang masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang terpaksa meminum susu formula biasanya frekuensi kencingnya lebih sering daripada bayi yang hanya minum ASI. Sedangkan untuk buang air besar, bayi yang baru lahir biasanya baru buang air besat satu atau dua hari setelah kelahiran. Kotoran bayi yang pertama kali keluar biasanya berwarna hitam karena terdiri dari cairan ketuban, lendir, serta segala macam hal yang ditelan bayi ketika ada dalam janin.

  • Menyusui

Aktifitas menyusui pada bayi yang baru lahir biasanya akan sagat sering, antara 8 hingga 15 kali dalam sehari. Hal ini berkaitan dengan kapasitas perut bayi yang masih sangat kecil. Cara merawat bayi ketika menyusui, sebaiknya dilakukan dalam posisi bergantian agar ibu pun merasa nyaman. Ketika menyusui jangan menunggu bayi berteriak atau menangis, karena ketika bayi menangis lidahnya tak berada dalam posisi yang tepat sehingga akan susah saat menelan air susu. Saat awal menyusui mungkin ibu akan merasa kesulitan, namun, seiring waktu bayi dan ibu akan menikmati proses ini.

Itulah beberapa cara merawat bayi yang perlu diperhatikan. Kondisi bayi yang baik tentunya tergantung pada perawatan seorang ibu. Oleh karena itu, meski mungkin terasa sulit, tetapi ibu harus sabar dan telaten dalam merawat serta menjaga bayi.

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi Baru Lahir untuk Orangtua Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*