Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar

Memberikan perawatan yang baik pada si kecil yang baru lahir sangatlah penting. Namun merawat bayi bukanlah hal yang mudah sehingga perlu dipelajari sejak dini. Mulai dari membaca tutorial merawat bayi, mengikuti training dan lain-lain dapat dilakukan sehingga perawatan bayi kian efektif. Hal ini bukan hanya dilakukan oleh para ibu, tetapi perlu diperhatikan juga oleh para ayah agar merawat buah hati menjadi lebih mudah. Berikut ini berbagai cara merawat bayi baru lahir yang perlu dipelajari oleh para orang tua dengan baik, yaitu:

  • Perlindungan kebersihan dan keamanan bayi.

Dalam merawat bayi, Anda harus memastikan bahwa tangan dalam kondisi bersih sehingga si kecil akan terhindar dari resiko serangan kuman yang berpotensi menyebabkan penyakit. Sebelum menyentuh atau menggendong bayi, Anda dianjurkan untuk mencuci tangan atau selalu menggunakan pembersih terlebih dahulu agar selalu steril. Selain itu, memperhatikan keamanan dalam menggendong bayi pada posisi yang benar juga harus diterapkan agar keamanannya selalu terlindungi.

  • Metode memandikan bayi.

Selain menjaga kebersihan dan keamanan si kecil, Anda juga perlu mengetahui cara memandikan bayi yang benar dan baik. Mimpikanlah bayi yang baru lahir menggunakan spons yang lembut dan halus serta sabun atau sampo yang cocok dengan jenis kulit si kecil. Selain itu, gunakan juga handuk yang lembut atau kain lap yang teksturnya halus agar kondisi kulit bayi yang sensitif bisa dilindungi. Memandikan bayi yang baru lahir wajib menggunakan bak mandi yang aman dan kualitasnya terjamin.

Baca Juga : Mengoptimalkan Perkembangan Bayi Dengan Memberikan Nutrisi yang Tepat

  • Pemberian susu atau ASI eksklusif.

Memberi ASI pada bayi yang baru lahir menjadi salah satu metode atau cara merawat bayi yang harus dilakukan oleh semua orang tua dengan baik. Sebab, ASI merupakan sumber utama asupan nutrisi yang ia miliki agar bisa tubuh dan berkembang dari hari ke hari. Pemberian susu harus dalam posisi yang nyaman agar proses menelan dan meneguk cairan yang dilakukan dapat berjalan lancar. Karena manfaat pemberian ASI sangat baik bagi si buah hati dan ibu menyusui, maka program ASI eksklusif harus dijalani dengan sebaik mungkin.

  • Aturan mengganti popok bayi.

Mengganti popok bayi yang baru lahir dalam sehari bisa mencapai 10 kali. Hal ini disebabkan karena frekuensi buang air bayi yang baru lahir terbilang tinggi. Karena itulah Anda dan pasangan wajib bekerja sama untuk melakukan perawatan terhadap si kecil. Segera mengganti popok secara rutin agar si kecil selalu nyaman begitu penting. Mengganti popok dengan baik juga dilakukan agar kelembapan kulit bayi tetap terjaga dan resiko ruam kulit bisa dihindari.

 

Agar semua perawatan bayi bisa dilakukan secara efektif, ikutilah kiat di bawah ini, yaitu:

  • Jaga kondisi kesehatan atau fisik karenamerawat bayi membutuhkan tenaga ekstra yang lebih tinggi.
  • Jangan takut untuk mencoba merawat bayi, memandikan, menggendong dan lain-lain.
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan dan belajar dari orang tua dalam merawat bayi.
  • Tunda pekerjaan lain ketika merawat bayi.
  • Lakukan sepenuh hati.

Dengan menerapkan semua metode dan cara merawat bayi tersebut, maka perawatan si kecil sejak dini dapat dilakukan dengan baik. Kondisi fisik yang sehat dan kondisi kebersihan yang terlindungi dapat terjaga secara efektif. Dengan demikian, perkembangan dan pertumbuhan bayi dapat berjalan dengan baik. Si kecil akan selalu merasa aman, nyaman, sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*