Cara Merawat Bayi Prematur Dengan Metode Kangguru

Cara merawat bayi yang lahirnya prematur harus dilakukan dengan intensif dan cara yang tepat. Asupan makanan ibu diperlukan strategi nutrisi khusus dan pastikan bahwa ibu menyusui bayi prematur. Perlu Anda ketahui bayi prematur membutuhkan vitamin dan gizi yang tinggi seperti: protein, vitamin, mineral, AA, dan DHA.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum waktunya, yaitu lahir pada usia kehamilan tujuh bulan. Karena berbeda dengan bayi yang lahir normal namun bukan bayi abnormal. Ada beberapa hal khusus melakukan perawatan bayi prematur.

Cara Merawat bayi prematur yang ideal adalah dengan menggunakan bantuan alat inkubator. Namun tidak semua orang tua bisa memberikan perawatan inkubator yang hanya disediakan di rumah sakit.  Selain menggunakan inkubator, perawatannya bisa dilakukan secara alami yaitu dengan menggunakan metode kangguru.

Metode kangguru adalah metode dengan melakukan kontak kulit ibu dengan bayi langsung. Metode ini sangat membantu menjaga suhu tubuh bayi agar tetap stabil. Tubuh ibu memiliki sensor alami yang dapat menjaga suhu, jika bayi kedinginan maka tubuh ibu otomatis akan menghangatkan. Begitupun sebaliknya jika suhu terlalu panas, maka tubuh ibu bisa menurunkan suhu.

Keuntungan menggunakan metode kangguru adalah efek kesehatan bayi semakin membaik, seperti: mempercepat naiknya berat badan, mempererat hubungan emosional ibu dan bayi, produksi ASI lebih lancar dan mengurangi biaya perawatan.

Baca Juga : Tips Perawatan Bayi, Memotong Kuku yang Benar

 

Sebelum melakukan metode ini, ibu harus mandi yang bersih. Setelah itu lakukan kontak ke kulit bayi dengan cara menggendongnya. Kondisi ibu dan bayi harus sama-sama tidak menggunakan pakaian. Atau jika tidak, bayi boleh menggunakan penutup kepala dan popok.

Tempelkan bayi di dada dengan posisi berhadapan dengan dada ibu. Gunakan kain khusus yang dibuat untuk perawatan bayi prematur. Jika tidak punya, bisa gunakan kain jarik biasa dengan caatan kulit ibu harus bersentuhan dengan kulit bayi. Setelah lilitan kain sudah cukup kuat, ibu bisa pakai pakaian luar.

Menggunakan metode kangguru harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

  • Berat badan bayi kurang dari 2.500 gram atau 2,5kg
  • Tidak mengalami gangguan pernapasan, komplikasi penyakit berat.
  • Saat melakukan perawatan kondisinya stabil
  • Memiliki daya hisap yang baik, hingga dapat merangsang ASI keluar lebih banyak.

Saat menjalankan perawatan harus dibarengi dengan memberikan asupan makanan sebanyak 8 – 10 sehari dengan nutrisi yang alami dan sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan juga frekuensi buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK).

Selain itu perhatikan jam tidurnya. Bayi prematur membutuhkan jam tidur yang lebih lama dibandingkan dengan bayi normal. Usahakan kamar dan tempat tidur bayi bersih dan aman. Atur suhu kamar pada kondisi 26-27 derajat Celsius agar suhu tubuhnya stabil.

Dari pembahasan tersebut kita dapat menyimpulkan pengetahuan orang tua mengenai cara merawat bayi prematur adalah hal yang penting, namun tidak kalah penting selalu konsultasi ke dokter mengenai perkembangan bayi. Selain itu kesabaran dalam menjaga dan merawat menjadi salah satu poin yang tidak kalah penting.

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi Prematur Dengan Metode Kangguru"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*