Cara Merawat Bayi Prematur

Merawat bayi prematur tentunya berbeda dengan merawat bayi normal yang lahir cukup bulan, oleh sebab itu perlu kesabaran, ketelatenan dalam merawatnya. Dan berikut ini aalah cara perawatan bayi prematur yang bisa dilakukan:

Baca juga: Cara Merawat Bayi Prematur Dengan Metode Kangguru

  1. Kamar Bayi yang Bersih dan Aman

Bayi prematur memiliki kerentanan terhadap infeksi serta penyakit yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan, hal ini karena bayi prematur daya tahan tubuhnya belum sempurna. Oleh sebab itu persiapkan kamar yang bersih, jauh dari polusi debu, bahan kimia, asap rokok, atau orang yang sedang sakit.

  1. Atur Suhu Kamar Bayi

Atur suhu kamar agar nyama bagi bayi yaitu antara 26 sampai 27 derajat celcius agar suhu tubuh bayi tetap stabil.

  1. Lakukan Metode Kangaroo Mother Care

Rutinlah untuk melakukan metode kangaroo mother care, caranya adalah dengan meletakkan bayi di dada ibu, sehingga kulit bayi akan bersentuhan langsung dengan kulit ibu. Metode kanguru ini memiliki manfaat yang besar karena bisa menstabilkan suhu tubuh bayi serta bisa semakin mempererat hubungan antara ibu dan buah hati. Selain itu, metode ini juga dapat menstabilkan nafas serta denyut jantung bayi, dan membuat bayi nyenyak tidur jarang menangis serta bisa meningkatkan ASI. Metode ini sangat dianjurkan terutama bagi bayi yang mempunyai berat badan di bawah 2500 gram.

  1. Ciptakan Lingkungan yang Tenang

Cara merawat bayi prematur selanjutnya adalah dengan menciptakan lingkungan yang tenang serta kondusif bagi bayi agar bayi bisa tidur dengan tenang dan nyenyak. Jangan lupa untuk mengatur pencahayaan kamar agar tidak terlalu terang dan jauhkan dari suara-suara bising. Jangan berbicara atau membuka pintu terlalu keras, hal ini dikarenakan bayi prematur butuh tidur yang lebih panjang daripada bayi normal. Tidur yang berkualitas akan bisa memacu hormon pertumbuhan serta perkembangan sel otak bayi.

  1. Selalu dalam Kontrol Dokter

Selalu kontrol ke dokter anak secara rutin agar tahu perkembangan si kecil, dan bisa berkonsultasi tentang apa saja yang dihadapi ketika merawat si kecil.

  1. Jalankan Program ASI Eksklusif

ASI adalah nutrisi yang penting bagi bayi serta bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Oleh karena itu, berikan hanya ASI Eksklusif pada bayi, sedikit demi sedikit namun sering. Apabila bayi tidak bisa menyusu secara langsung. Bisa pula dilakukan dengan cara memerah ASI lalu diberikan pada bayi.

  1. Jaga Kebersihan

Pastikan bayi selalu terjaga kebersihannya, misalnya dengan memisahkan baju bayi saat mencuci. Dan sebisa mungkin jemur di tempat yang tidak mudah terkena debu.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam merawat bayi prematur. Konsultasikan dan pantau terus kondisi bayi sehingga bisa tumbuh dan berkembang baik layaknya bayi normal yang sehat.   

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi Prematur"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*