Cara Merawat Bayi Saat Demam

Bayi yang masih berumur beberapa bulan memang seringkali ali mengalami demam, hal ini tentunya membuat ibu begitu gelisah dan khawatir, apalagi bagi ibu yang baru pertama kali mempunyai bayi. Hal ini tentunya membuat ibu bingung bagaimana cara merawat bayi yang sedang demam.

Sebelum membawa ke dokter dan demam tidak terlalu tinggi, cara merawat bayi yang demam bisa dilakukan dengan tips-tips berikut ini:

  1. Tingkatkan Asupan ASI

Demam memang seringkali menyerang bayi, sehingga sulit diketahui apakah demam tersebut normal ataukah demam yang menjadi tanda suatu perubahan yang serius. Ketika suhu tubuh bayi mengalami perubahan, salah satu hal yang diperlukan bayi ialah imunitas serta nutrisi yang semua itu dapat ditemukan dalam air susu ibu. Pemberian ASI dalam membuat frekuensi buang air kecil bayi semakin meningkat. Dengan cairan yang keluar, maka ini bisa meringankan demam serta cairan yang keluar bisa tergantikan dengan ASI.  

  1. Mengompres Bayi

Untuk menurunkan suhu tubuh pada bayi sebaiknya memakai kompresan air dibandingkan memakai alkohol. Kain kompresan bisa menggunakan air hangat dibandingkan dengan air dingin, karena apabila menggunakan air dingin dikhawatirkan akan membuat tubuh bayi menggigil. Kompres tubuh bayi selama 30 menit untuk melihat perkembangan selanjutnya.

Baca juga: Cara Merawat Bayi yang Terkena Ruam Popok

  1. Gunakan Humidifier

Humadifier merupakan alat untuk membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Humidifier bisa didapatkan di apotek. Akan tetapi, apabila ingin menggunakannya, sebaiknya tidak terlalu dekat dan hati-hati, apalagi jika humidifier ini digunakan seharian.

  1. Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sehat, selain bagus untuk pertumbuhan tulang, juga bagus untuk menyembuhkan bayi yang batuk, pilek, serta sakit kuning. Cara untuk menyembuhkan bayi adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi (di bawah pukul 10 pagi). Biarkan dada bayi terpapar sinar matahari pagi, kemudian baru daerah punggung. Usap tubuh bayi selama dijemur 5 hingga 10 menit.

  1. Hindari Pakaian yang Ketat dan Tebal

Penggunaan pakaian yang tebal serta ketat akan menyebabkan bayi mengalami dehidrasi. Oleh karena itu sebaiknya gunakan baju bayi yang bisa menyerap keringat, misalnya pilih baju bayi berbahan katun.

  1. Terapi Dekapan Bunda

Lakukan terapi dekapan bunda, skin to skin, kulit ibu menempel dengan kulit bayi. Hal ini akan membuat rasa nyaman pada bayi sehingga bayi akan merasa aman dan terlindungi dalam dekapan bunda. Hal ini juga dipercaya bisa menurunkan demam bayi.

  1. Obat Penurun Panas

Apabila bayi masih panas, beri obat penurun panas seperti paracetamol. Akan tetapi apabila bayi masih berusia di bawah 3 bulan, sebaiknya konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Meski obat penurun panas cukup membantu, namun cara merawat bayi yang demam menggunakan obat kimia sebaiknya dijadikan pilihan terakhir saat suhu tubuh si kecil tak kunjung turun dan masih berada di atas 38 derajat celcius.

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi Saat Demam"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*