Cara Merawat Bayi Sakit Perut Kembung

Bayi yang baru berusia beberapa bulan tentunya belum bisa mengutarakan apa yang dirasakannya. Termasuk juga ketika ia merasakan sakit di badan. Ketika bayi merasa ada bagian dari tubuhnya yang tak nyaman, maka bayi akan terus menerus menangis, salah satu sakit yang menyebabkan bayi menangis adalah perut kembung. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara merawat bayi yang bisa dilakukan ketika bayi mengalami perut kembung.

baca juga: Suka Bingung Memilih Tindakan Perawatan Bayi Saat Sakit? Berikut Solusi Sesuai Situasinya!

  1. Memperbaiki Teknik Menyusui

Perut kembung pada bayi biasanya disebabkan karena banyaknya udara yang masuk ke usus atau lambung bayi ketika menyusui. Oleh karena itu, cara merawat bayi yang sedang mengalami perut kembung adalah memperbaiki teknik menyusui. Ketika menyusui, posisikan kepala bayi harus lebih tinggi dibandingkan perutnya. Sedangkan bila bayi menyusu dengan dot, pilih dot dengan ukuran karet serta lubang yang sssuai dengan umur bayi.  

  1. Sendawakan Bayi

Sesudah menyusui, sendawakan bayi dengan cara menggendongnya dengan posisi tegak dan kepala bayi bersandar di bahu. Lalu tepuk-tepuk punggung si kecil hingga bersendawa. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan bayi.

  1. Gunakan Minyak Telon

Oleskan minyak telon pada perut serta punggung bayi. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengeluarkan gas yang ada dalam usus. Setiap selesai mandi atau ketika bayi rewel, usapkan minyak telon sambil memijat perut dengan lembut. Cara ini cukup efektif mengatasi kembung bayi apabila dilakukan secara telaten.

  1. Usap dengan Irisan Bawang Merah

Selain minyak telon, irisan bawang merah juga bisa digunakan untuk mengobati perut kembung pada bayi. Ketika mengoleskan bawang merah ini biarkan sarinya keluar sehingga merata ke seluruh punggung dan perut bayi. Sari bawang merah ini akan memberikan sensasi hangat serta menstimulasi gas agar keluar melalui kentut.

  1. Stop Susu Formula

Apabila menggunakan susu formula, maka lebih baik dihentikan dulu, karena bisa jadi kembung pada bayi disebabkan karena asupan susu formula yang di dalamnya mengandung lemak. Proses mencerna lemak akan menimbulkan banyak gas di perut. Oleh karena itu, apabila setiap diberi susu formula, bayi mengalami kembung, maka lebih baik konsumsi susu dihentikan.

  1. Biarkan Bayi Aktif

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membiarkan bayi agar aktif bergerak. Gerakan bayi ini akan membuat proses pencernaan bekerja lebih optimal, selain itu juga agar gas keluar lewat sendawa dan kentut.

  1. Kerokan Bawang Merah

Kerokan untuk bayi tentunya berbeda dengan kerokan pada orang dewasa. Kerokan untuk bayi dan anak sebaiknya hanya menggunakan irisan bawang merah, bukan menggunakan koin.

Itulah beberapa cara merawat bayi yang bisa dilakukan ketika sedang perut kembung. Ibu harus mengetahui penyebab bayi yang menangis, terutama ketika bayi mengalami perut kembung agar bayi merasa nyaman.

 

 

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi Sakit Perut Kembung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*