Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir di Rumah

Ketika kita sebagai orang tua baru saja melahirkan bayi pastinya ini akan menjadi salah satu hal yang menyenangkan sekali. Merawat bayi memang membuat ibu dan ayah akan merasa kelelahan, namun jangan berpikir seperti itu karena masih ada hal positif lainnya yang bisa kita dapatkan. Hal yang sangat menyenangkan sekali adalah bayi kita akan jadi bisa lebih merasa dekat dengan orang tua mereka. Setelah menjalani persalinan di rumah sakit, pastinya orang tua akan membawa pulang bayi mereka ke rumah.

Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan sebelum kita merawat anak di rumah khususnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang disarankan antara lain:

  1. Perhatikan tali pusat, jangan sampai terkena benda tajam atau pada saat memandikan harus cukup berhati-hati agar tali pusat bayi ini tetap terjaga. Biasanya memang pada saat bayi baru lahir, tali pusat ini cukup rentan sekali sehingga perlu untuk diperhatikan pada saat memandikan khususnya.
  2. Selalu mandikan bayi dengan air hangat, ini dimaksudkan agar suhu tubuh mereka tetap terjaga baik. Selain itu juga baik karena bayi masih cukup rentan terhadap udara dingin yang ada di luar ruangan.
  3. Selalu bersihkan bagian mata bayi, karena kelenjar air mata yang belum berfungsi baik, maka ada baiknya kita selalu membersihkan bagian pinggir mata bayi menggunakan kapas bersih yang halus pastinya.
  4. Oleskan selalu minyak kayu putih, ini merupakan salah satu cara agar tubuh bayi bisa tetap hangat dan bisa menjaga kelembaban pada kulit bayi kita.
  5. Menggunakan perawatan khusus untuk bayi, ini juga merupakan salah satu cara perawatan terbaik untuk bayi kita agar lebih bersih dan juga agar lebih aman pastinya. Jangan sampai ragu membeli peralatan pembersih tubuh bayi yang sesuai.

Perawatan yang baik untuk bayi ini tentu saja adalah cara agar bayi tetap sehat. Merawat bayi memang harus menggunakan kesabaran. Karena bayi masih belum bisa melakukan apa-apa tanpa adanya bantuan dari orang tua mereka. Sehingga sangat perlu untuk merawat dengan sebaik mungkin.

Jika Anda tidak dapat merawat seorang diri maka juga bisa menggunakan jasa baby sitter yang akan sangat membantu. Tetapi perlu diperhatikan juga pada saat memilih baby sitter ini kita harus menentukan pilihan yang terbaik. Jangan sampai pilihan kita tidak tepat.

Untuk merawat bayi kita harus tahu bagaimana cara perawatan yang terbaik juga. Belajar dari orang tua yang sudah senior juga menjadi salah satu pilihan agar kita bisa merawat dengan tepat. Beberapa perawatan tradisional juga dapat digunakan untuk membuat bayi kita jadi lebih sehat pastinya.

 

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir di Rumah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*