Cara Merawat Bayi yang Demam Tanpa Obat

Suhu badan meningkat menjadi gejala bahwa tubuh tengah mengalami masalah. Umumnya hal ini menyebabkan rasa yang kurang nyaman pada badan. Tak hanya orang dewasa demam juga kerap kali dialami oleh bayi. Tentunya sebagai orang tua Anda patut waspada karena gejala dari demam ini akan semakin sering Anda rasakan pada buah hati diiringi dengan mereka yang selalu rewel. Pada kenyataannya cara merawat bayi yang demam tak jauh berbeda dengan orang dewasa. Hanya saja mereka jauh lebih minim menggunakan obat dibandingkan dengan orang dewasa.

Demam ditandai dengan gejala awal adalah suhu tubuh yang naik secara drastis, umumnya hingga angka 37 derajat celcius. Ini merupakan reaksi tubuh untuk melawan infeksi kuman atau bakteri yang akan menyerang. Bagi anak-anak hal ini menyebabkan mereka menjadi kurang nyaman sehingga sering kali rewel bahkan tak bisa tidur, namun Anda tak perlu cemas karena berikut ini ada sedikit tips yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya adalah:

Baca juga: 3 Bahan untuk Hilangkan Kerak Pada Bak Mandi Bayi

  1. Berikan ASI lebih banyak, ASI merupakan makanan utama bagi si kecil, namun selain kandungan nutrisi yang ada di dalamnya manfaat lain adalah sebagai obat. Ia mengandung zat yang secara efektif dapat menyembuhkan demam tersebut. Intensitasnya patut diperbanyak untuk hasil yang lebih maksimal.
  2. Kompres menggunakan air hangat, cara merawat bayi demam yang kedua adalah menggunakan air hangar sebagai media kompres. Ingat bukan air dingin karena akan menyebabkan suhu tubuh kian tinggi. Lakukan secara berkala untuk membuat suhu tubuh berangsur turun.
  3. Gunakan huminidifer, alat yang satu ini umumnya dapat membantu melegakan hidung bayi yang tengah tersumbat jika memang gejala demam tersebut disertai dengan pilek, namun lakukan dengan hati-hati.
  4. Jemur bayi di bawah sinar matahari pagi, bayi yang baru lahir membutuhkan asupan vitamin D yang sangat tinggi, sering-seringlah menjemur mereka di bawah sinar matahari pagi karena manfaatnya sangatlah baik bagi pertumbuhannya. Namun lakukan selama 30 menit saja.
  5. Gunakan pakaian yang tipis saja, satu kesalahan yang sering kali dilakukan oleh orang tua adalah dengan memberikan pakaian tebal dan ketat ketika si kecil tengah demam, hal ini justru membuat mereka merasa kurang nyaman, akibatnya akan sering kali menangis. Pilihlah jenis busana yang ringan saja namun dapat menyerap keringat sehingga memudahkannya bergerak.
  6. Saat buah hati Anda terus menangis usahakan untuk selalu menimangnya, karena mereka membutuhkan kenyamanan seorang ibu pada saat tengah sakit.

Sangat mudah bukan, tak harus menggunakan obat, cukup terapkan cara merawat bayi yang demam tersebut maka dalam beberapa saat nantinya suhu tubuh akan kembali normal, hal ini umum terjadi pada anak kecil.

Be the first to comment on "Cara Merawat Bayi yang Demam Tanpa Obat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*