Cara Perawatan Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir tentunya membutuhkan perawatan ekstra. Bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, mungkin ada beberapa hal yang belum diketahui dalam hal perawatan bayi, dan berikut ini adalah cara tepat merawat bayi yang baru lahir:

  1. Tali Pusat

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam perawatan bayi yang baru lahir adalah tali pusat. Perawatan tali pusat ini harus dilakukan dengan hati-hati, hal ini karena tali pusat sangat mudah terkena infeksi. Apabila terkena air ketika memandikan, maka keringkan tali pusat menggunakan kasa steril atau cotton buds. Jangan taburi tali pusat dengan ramuan apapun, karena dalam kurun waktu 1-2 minggu tali pusat akan putus dengan sendirinya. Sesudah tali pusat putus, bersihkan pusar menggunakan baby oil dengan hati-hati.

  1. Mata Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya seringkali mengeluarka kotoran mata, cara membersihkannya cukup dengan kapas steril yang telah dibasahi dengan air matang. Untuk setiap mata gunakan satu kapas steril. Usap dari arah dalam ke arah bagian luar.

  1. Kulit

Bayi yang baru lahir belum tahan dingin, oleh karena itu cukup memandikannya satu kali sehari, bisa dengan dimandikan dalam bak mandi, atau diusap menggunakan waslap basah yang telah diberi sabun bayi.

  1. Kulit Kepala

Pada kulit kepala bayi seringkali muncul cradle crap atau kerak kulit, hal ini dikarenakan kulit kepala bayi sering terkena keringat, polusi udara, dan debu. Untuk membersihkannya bisa dengan baby oil.  Caranya adalah dengan mengusapkan baby ol ke atas kerak kulit kemudian diamkan selama 10-15 menit, kemudian bersihkan menggunakan cotton bud atau kapas yang lembut, baru kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Rambut

Bersihkan rambut bayi menggunakan shampo khusus bayi seminggu dua kali. Pilih shampo yang aman dan tidak pedih di mata, usap hingga berbusa, kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Hidung

Pada bagian dalam hidung bayi memiliki kemampuan khusus untuk membersihkan kotoran yang ada dalam hidung. Apabila ada kotoran atau cairan, cukup bersihkan bagian luar hidung saja. Apabila bayi memiliki banyak lendir yang disebabkan oleh pilek dan bisa mengganggu pernapasan, maka sedot kotoran menggunakan aspirator yang bersih.

  1. Telinga

Untuk bayi yang baru lahir, jangan membersihkan bagian dalam telinganya, kotoran telinga baru boleh dibersihkan jika telah mencapai tikungan telinga bagian luar. Sedangkan untuk bagian daun telinga, bersihkan setiap kali mandi menggunakan kapas serta cotton buds.  

  1. Pantat

Pantat merupakan area senstif pada tubuh bayi, oleh karena itu harus dibersihkan dengan benar, apabila tidak dibersihkan dengan benar bisa menyebabkan gatal serta ruam pada area sekitar pantat. Pastikan pantat dalam keadaan kering ketika memakaikan popok, dan gunakan diaper cream untuk mencegah iritasi.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan dalam perawatan bayi agar bayi tetap bersih, sehat, dan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

Be the first to comment on "Cara Perawatan Bayi Baru Lahir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*