Cara Pijat Bayi Sendiri di Rumah Ala Baby Spa

Bayi merupakan makhluk mungil yang kesehatannya masih rentan sehingga perlu dipantau secara terus menerus. Bukan hanya secara medik dengan rutin ke posyandu atau melakukan imunisasi saja namun juga secara tradisional yaitu dengan melakukan pijat bayi. Pijat merupakan tehnik yang secara turun temurun dilakukan agar bayi merasa tubuhnya nyaman dan sehat sehingga lebih ceria dan sehat. Meski merupakan cara menjaga kesehatan yang tradisional, namun kini pijat untuk bayi juga telah dilakukan secara modern dengan banyaknya baby spa yang dibuka di berbagai kota. Namun Anda tak perlu bepergian jauh untuk memijatkan bayi Anda karena pijat bisa dilakukan sendiri di rumah asalkan Anda tahu caranya.

Asalkan bayi Anda tidak rewel dan menunjukkan bahwa kesehatannya baik-baik saja, Anda tak perlu membawa bayi pergi pijat ke baby spa. Namun bukan berarti Anda tak perlu juga memijat bayi Anda. pijat untuk bayi bisa membantunya berelaksasi sehingga lebih rileks agar bisa tidur dengan lebih nyenyak. Bagi Anda yang belum pernah memijat bayi sebelumnya, berikut ini adalah beberapa bahan yang diperlukan sekaligus dengan cara melakukannya:

  1. Persiapkan baby oil atau minyak telon sesuai dengan kesukaan si bayi. Jika bayi menyukai keduanya maka Anda bisa memilih salah satu saja untuk mengurut bayi.
  2. Siapkan handuk atau kasur kecil untuk meletakkan bayi saat akan dipijat.
  3. Cara pertama adalah menidurkan bayi di atas kasur atau handuk dengan wajah bayi menghadap ke atas atau terlentang.
  4. Pijat bayi pada bagian wajahnya terlebih dahulu sambil mengajaknya berkomunikasi agar bayi lebih rileks.
  5. Pijat bagian atas alis dengan jari jempol dengan gerakan mengurut perlahan. Selain bagian atas alis, pijat juga bagian mulut bagi dengan urutan yang menggambarkan senyuman.
  6. Pijatan ke dua adalah di bagian dada bayi. Urut dada dengan kedua tangan seperti melakukan gerakan gambar hati yaitu dari tengah dada ke atas, samping, bawah kemudian kembali ke tengah dada. Setelah diulangi beberapa kali, gerakan terakhir adalah mengurut dari tengah dada ke arah bahu.
  7. Jangan mengurut bagian ulu hati atau rusuk bayi untuk menghindari salah urut.
  8. Luruskan kaki kemudian tekuk perlahan dan angkat hingga lutut menyentuh perut atau dada. Luruskan kembali dan ulangi gerakan beberapa kali.
  9. Urut lengan bayi dari bahu hingga ke pergelangan tangan.
  10. Tehnik terakhir ala spa adalah menelungkupkan bayi kemudian mengurut punggung bayi dari bawah leher hingga ke bagian pantat.

Lakukan pijat bayi secara berkala di rumah agar bayi merasa nyaman. Sesekali bawalah bayi Anda ke pemijat profesional agar bayi bisa mendapatkan pijatan yang menyeluruh.

 

Be the first to comment on "Cara Pijat Bayi Sendiri di Rumah Ala Baby Spa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*