Cara Tepat Untuk Mengatasi Ruam Popok

Cara Tepat Untuk Mengatasi Ruam Popok

Popok merupakan salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan bagi anak kecil. Terdapat banyak macam jenis popok yang telah kita kenal seperti popok sekali pakai ataupun yang bisa dicuci kembali. Namun terkadang ada saja anak yang mengalami ruam karena menggunakan popok, lalu bagaimana cara untuk mengatasi ruam popok pada bayi?

Sebelum berlanjut pada cara untuk mengatasi ruam popok sebaiknya kalian pahami terlebih dahulu mengenai pengertianya. Ruam popok adalah kondisi  dimana kulit bayi akan mengalami peradangan yang tampak kemerahan, hal ini terjadi karena kulit secara menerus bersentuhan dengan urine ataupun tinja.

Cara Tepat Untuk Mengatasi Ruam Popok

Sebenarnya ruam popok bukanlah hal yang membahayakan hanya saja akan menggangu kenyamanan bayi yang mengakibatkan ia akan lebih rewel dari biasanya sehingga mau tak mau itu juga akan mengganggu kegiatan orang tua.

Setelah memahami dengan baik ruam popok maka selanjutnya adalah memahami cara yang tepat untuk mengatasi ruam popok seperti dibawah ini :

  • Ganti popok sesering mungkin

Bayi biasanya banyak mengeluarkan urine karena ia sering minum asi jadi gantilah popok sesering mungkin, jangan biarkan bayi terlalu lama dalam kondisi popok yang basah.

  • Bersihkan saat mengganti popok

Pada saat mengganti popok pastikan kalian membersihkan terlebih dahulu area tubuh bayi yang dipakaikan popok. Jika perlu kalian bisa menggunakan baby oil agar kulit bayi tidak iritasi.

  • Basuh

Selain meembersihkan perlu juga untuk membasuh kulit bayi sebelum diganti popoknya, pastika untuk mengelap kulit bayi sampai kering sebelum memakaikannya kembali.

  • Jangan selalu gunakan popok

Kulit bayi memerlukan waktu istirahat jadi sebisa mungkin untuk memberikan waktu agar kulit bisa ‘bernafas’. Pemakaian popok dalam waktu yang cukup lama dan sering menjadi faktor ruam popok yang utama.

  • Jangan pakai bedak

Penggunaan bedak pada bayi apalagi di area sensitif justru bisa memicu iritasi pada kulit bayi jadi sebaiknya untuk menghindarinya.

  • Sesuaikan ukuran popok

Ini juga penting untuk mengatasi ruam popok yaitu menyesuaikan ukuran popok dengan tubuh bayi, jangan menggunakan yang terlalu ketat agar tak menyiksa bayi anda. Jika mungkin kalian bisa menggunakan ukuran yang satu tingkat diatasnya agar lebih longgar.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan dalam mencegah terjadinya ruam popok, tips yang tidak kalah penting yaitu pastikan kondisi tangan dalam keadaan yang bersih pada saat mengganti popok pada bayi. Dan sebaiknya hindari menggunakan sabun atau tisu basah yang memiliki kandungan alkohol serta pewangi.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Ruam popok pada umumnya bisa sembuh tanpa perlu penanganan dari dokter namun jika mengalami kondisi yang lebih parah pada bayi tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. Semoga informasi tentang cara mengatasi ruam popok diatas bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Be the first to comment on "Cara Tepat Untuk Mengatasi Ruam Popok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*