Cegah Beberapa Penyakit Bayi Yang Sering Mejangkit

Cegah Beberapa Penyakit Bayi Yang Sering Mejangkit

Sebagai seorang ibu, pasti sangat cemas bila buah hatinya sakit. Terlebih lagi jika buah hatinya baru lahir. Sebenarnya hal ini wajar, karena sistem kekebalan bayi masih rentan. Namun, yang perlu ibu ketahui bahwa sakit sekecil apapun bisa memicu gangguan yang serius bila tidak segera ditangani. Berikut ini beberapa penyakit bayi yang sering menyerang pada bayi yang baru lahir. Mari kita simak !

Cegah Beberapa Penyakit Bayi Yang Sering Mejangkit

  • Batuk

Batuk terjadi karena ia minum terlalau cepat. Namun jika bayi batuk dan tak kunjung berhenti, atau sering muntah saat diberi makan, segera bawa ke dokter.  Hal ini bisa jadi gejala gangguan pada pencernaan atau paru-paru. Ibu juga harus memeriksakan buah hatinya jika dia batuk terus, terutama pada saat malam hari.

  • Penyakit kuning

Penyakit bayi ini memang sangat umum terjadi pada bayi yang baru lahir. Hal ini karena bayi yang baru lahir kadar bilirubinnya tinggi, sedangkan organ hatinya belum berkembang dengan sempurna. Langsung bawa ke dokter jika bayi mengalami hal ini.

  • Kulit kebiruan

Hal yang normal bila bayi baru lahir memiliki kulit kebiruan. Biasanya area yang bewarna biru adalah kaki, tangan, mulut dan lidah.  Namun seiring berjalannya waktu, warna kebiruan ini akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika warna kebiruan ini tak kunjung berubah menjadi merah muda, segera bawa bayi anda ke dokter.

  • Perut kembung

Bayi yang baru lahir memang cenderung memiliki perut yang menonjol.  Namun jika perut bayi keras dan terasa bengkak di antara jam makan, anda patut waspada.  Meski kadang perut bengkak karena adanya gas yang berlebih, namun bengkak perut si kecil dapat mengindikasikan penyakit yang serius. Segera bawa ke dokter.

  • Demam

Demam sebenarnya adalah tanda bahwa tubuhnya sedang melawan infeksi. Jika demam ringan, maka tidak perlu penanganan khusus. Namun jika demamnya tinggi yaitu lebih dari 38 derajat bisa memicu kejang. Langsung bawa ke dokter jika si kecil demam tinggi.

  • Kolik

Kolik adalah kondisi bayi dimana dia menagis  terus menangis dan tanpa berhenti, padahal anda tidak tahu penyebabnya. Anda perlu tahu apakah si kecil alergi terhadap susu formula, karena ini bisa menyebabkan kolik.  Segera bawa ke dokter jika bayi mengalami kolik.

  • Muntah

Muntah adalah hal yang paling sering terjadi pada bayi baru lahir. Normal bila si kecil muntah karena susu yang dia minum. Menjadi tidak normal jika  frekuensi muntahnya sering. Untuk pencegahan, pastikan bayi tidak alergi ASI atau intoleransi laktosa. Sebaiknya Bayi juga dirangsang untuk bersendawa sehabis minum susu.  Amati muntahnya, jika warnanya hijau, bisa jadi muntahnya karena infeksi. Gangguan pencernaan juga bisa memicu si kecil muntah. Segera bawa ke dokter, jika bayi mengalami gejala ini.

Baca juga: Jenis Penyakit Bayi yang Paling Sering Diderita

Demikian ulasan mengenai penyakit bayi yang baru lahir. Semoga informasi tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Be the first to comment on "Cegah Beberapa Penyakit Bayi Yang Sering Mejangkit"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*