Cermati Perkembangan Bayi Anda, Dari Duduk Hingga Langkah Pertamanya

Cermati Perkembangan Bayi Anda, Dari Duduk Hingga Langkah Pertamanya

Berbicara soal tumbuh kembang anak tentunya selalu membuat Anda para orang tua selalu antusias untuk mengikuti tahap demi tahap pertumbuhannya. Apalagi pada saat memasuki usia tahun pertama dan tahun kedua sang bayi, di usia ini biasanya si kecil sudah bisa menunjukkan kemajuan pesat dalam pertumbuhannya. Mulai dari berbaring, duduk hingga berjalan dengan kedua kakinya sendiri untuk kali pertama menjadi momen perkembangan bayi yang tak boleh Anda lewatkan sebagai orang tua.

Cermati Perkembangan Bayi Anda, Dari Duduk Hingga Langkah Pertamanya

Namun, sebelum bisa menggunakan kedua kakinya sendiri untuk melangkah, ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh sang bayi. Tahap-tahap perkembangan bayi inilah yang tentunya harus Anda ketahui.

  • Duduk

Pada umumnya, bayi yang berusia di atas 7 bulan sudah bisa dilatih untuk duduk sendiri. Latihan duduk ini bisa memperkuat otot-ototnya yang nantinya akan berguna saat dia belajar berdiri untuk pertama kalinya. Latihan duduk yang sebaiknya Anda ajarkan dapat bervariasi, yakni pada saat mengajaknya bermain gelinding bola ke arahnya atau melakukan permainan susun-menyusun dengan Lego. Tak hanya itu, di usia ini juga Anda sebaiknya membiarkan si kecil melompat-lompat di atas tempat yang aman, seperti kasur atau di atas paha Anda.

  • Merangkak

Perkembangan bayi yang memasuki bulan kesepuluh, bayi Anda sudah bisa diajarkan untuk merangkak. Latihan merangkak ini sangat penting karena dengan merangkak bisa melatih otot tangan dan kakinya pada waktu yang bersamaan. Latihan yang bisa Anda terapkan adalah seperti membiarkannya merangkak dari satu area ke area yang lain. Anda juga bisa memancing gerakan merangkaknya dengan menaruh mainan di tempat lain agar ia terpancing untuk mengambilnya.

  • Mengangkat Diri Sendiri Dengan Batuan

Selain merangkak, di usia sepuluh sampai sebelas bulan perkembangan bayi sudah bisa mengangkat dirinya sendiri dengan bantuan pegangan pada satu benda seperti perabot. Melatihnya mengangkat diri sendiri bisa membuat ia merasakan bagaimana sensasi dalam posisi berdiri dengan kedua kakinya.

  • Berjalan dengan Bantuan

Setelah dirasa cukup melatihnya dengan mengangkat diri, coba Anda latih kedua kakinya untuk berjalan dengan bantuan Anda memeganginya. Latih terus si kecil untuk menggunakan kakinya agar kepercayaan dirinya untuk melangkahkan kaki semakin terasah.

  • Berdiri Tanpa Bantuan

Tahapan ini adalah tahapan perkembangan bayi yang harus Anda perhatikan baik-baik sebagai orang tua. Karena di tahapan ini akan menentukan seberapa cepat anak Anda bisa berjalan sendiri tanpa bantuan nantinya. Tahap ini mengharuskan Anda melatih si kecil untuk bisa berdiri tanpa bantun apapun. Anda bisa melatihnya dengan mengajaknya bermain sambil duduk, kemudian bantu ia berdiri. Pada hitungan tertentu cobalah untuk melepas pegangan tangan Anda dan lihat seberapa lama si kecil bisa bertahan berdiri tanpa bantuan.

 Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Langkah Pertama

Memasuki usia 12-18 bulan, biasanya bayi yang sudah terlatih berdiri tanpa bantuan sudah mulai melangkahkan kakinya sendiri. Meski belum lancar dan belum bisa mengontrol keseimbangannya, Anda hanya perlu melatih kemampuan berjalannya hingga terbiasa memijakkan kakinya dengan sempurna.

 

Be the first to comment on "Cermati Perkembangan Bayi Anda, Dari Duduk Hingga Langkah Pertamanya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*