Ciri Balita Anda Tak Cocok dengan Susu Balita yang Diberikan

Anak berusia kurang dari 5 tahun masih berada di dalam tahap tumbuh kembang untuk mengoptimalkan pertumbuhan organ dan motoriknya. Kebutuhan nutrisi balita Anda perlu menjadi prioritas agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Nutrisi selain dari makanan perlu ditambahkan dari asupan susu setiap harinya. Susu balita sendiri sudah banyak dipasaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kecocokan si bayi agar tidak mengganggu sistem pencernaan. Namun karena bayi masih kecil sehingga belum bisa berekspresi dengan baik, terkadang ketika Anda memberi susu yang salah dia menunjukkan gejala-gejala lainnya.

Meski tampaknya sama saja, namun susu untuk balita juga bisa menyebabkan ketidakcocokan bahkan alergi yang bisa mengganggu pencernaan. Untuk itu Anda perlu memperhatikan gejala yang ditunjukkan bayi ketika ia mengalami ketidakcocokan dengan susu bayi yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa gejala yang sering terjadi:

  • Diare.

Diare baik dengan gejala kotoran yang encer maupun dengan bertambahnya frekuensi buang air besar pada bayi. Bentuk kotoran umumnya encer dan sedikit kental. Namun gejala ini saja tidak bisa langsung merujuk pada ketidakcocokan pada bayi sehingga Anda perlu melihat gejala-gejala lainnya.

  • Sesak nafas.

Sesak nafas sering menjadi akibat balita mengalami ketidakcocokan dengan susu balita yang diberikan padanya. Umumnya hal ini terjadi karena reaksi alergi antara bayi dan susu yang dikonsumsi. Gejala ini bisa berakibat fatal jika orang tua tidak cepat tanggap dan mengganti merk susu yang digunakan.

  • Rewel.

Bayi yang mengalami rasa sakit atau merasa tidak nyaman akan sering menangis tanpa sebab yang jelas. Bukan hanya di malam hari namun juga di siang hari. Bayi yang menangis akan menyebabkan orang tua lebih sering memberinya susu.

  • Bayi lebih sering haus.

Meski sering minum namun bayi tetap akan merasa haus karena sistem pencernaannya yang tidak cocok dengan susu tersebut.

Jika bayi Anda mengalami gabungan dari gejala-gejala tersebut di atas, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter anak untuk memastikan apakah bayi mengalami sakit tertentu ataukah dikarenakan ketidakcocokan pada susu yang diberikan. Jika ternyata susu yang diberikan tidak cocok, sebaiknya segera diganti dengan merk lain jika perlu meminta saran dokter pergantiannya.

Cara mencoba susu yang dianjurkan adalah secara encer pada awal mula pemberiannya dan kemudian diamati apakah bayi mengalami gejala-gejala ketidakcocokan seperti di atas. Jika bayi sudah cocok dengan satu susu balita merk tertentu sebaiknya Anda terus menggunakannya sesuai dengan batasan usia yang dianjurkan. Namun jika memang perlu diganti maka lakukan seperti cara yang dianjurkan sehingga jika terlihat adanya ketidakcocokan bisa segera diketahui untuk segera diganti.

Be the first to comment on "Ciri Balita Anda Tak Cocok dengan Susu Balita yang Diberikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*