Ciri-ciri Bayi Cerdas

Setiap orangtua tentunya ingin memiliki anak yang cerdas, berbakat, dan sehat. Dan berikut ini adalah ciri-ciri bayi cerdas yang bisa diketahui sejak dini agar orangtua juga bisa lebih mengembangkan minat serta bakatnya:

Baca juga: Makanan Bayi yang Bisa Mencerdaskan Otak

  1. Memiliki Talenta Khusus

Bayi cerdas biasanya akan memiliki talenta khusus, pada mulanya mereka aka memiliki ketertarikan pada sesuatu lebih banyak, misalnya kemampuan artistiknya, atau hal-hal yang berkaitan dengan angka. Ini bisa dilihat ketika anak bisa mengingkat angka lebih mudah atau menggambar sesuatu dengan lebih jelas.

  1. Mencapai Tonggak Milestone Lebih Awal

Bayi yang cerdas biasanya akan bisa mencapai tonggak milestone yang lebih awal dibandingkan dengan bayi lainnya yang sebaya dengannya.

  1. Kosakata Lebih Banyak

Bayi yang cerdas biasanya memiliki kosakata yang lebih banyak atau mempunyai kemampuan bahasa yang baik, misalnya ia mampu menyusun beberapa kata menjadi sebuah kalimat dengan baik dibandingkan dengan teman sebayanya yang lainnya.

  1. Rasa Ingin Tahu Tinggi

Bayi yang cerdas biasanya juga akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, anak biasanya akan bertanya tentang beragam hal yang dilihatnya, yang disentuhnya atau yang didengarnya. Oleh sebab itu, para orangtua jangan bosan, marah atau kesal, apabila anak banyak bertanya, karena ini merupakan ciri dari bayi yang cerdas dan berbakat sehingga perlu dikembangkan. Pilih jawaban yang sekiranya bisa dipahami oleh bayi, apabila belum menemukan jawaban yang tepat untuk pertanyaan bayi, bisa dengan menunda jawaban atau mengajaknya untuk mencari jawaban dari pertanyaannya bersama-sama, bisa lewat buku atau dengan bertanya kepada orang lain.

  1. Sangat Aktif

Anak yang aktif berbeda dengan anak hiperaktif. Bayi yang hiperaktif biasanya akan memiliki rentang konsentrasi yang rendah, sedangkan bayi yang aktif da berbakat biasanya akan memiliki rentang konsentrasi yang cukup lama terhadap suatu hal. Ia juga memiliki keinginan kuat terhadap hal apapun yang membuatnya tertarik, ia juga suka melakukan aktifitas sulit yang biasanya belum dilakukan oleh bayi seusianya.

  1. Memiliki Imajinasi yang Jelas

Bayi yang cerdas biasanya suka berimajinasi tentang segala sesuatu, ia biasanya bisa menggambarkan apa yang dibayangkannya, bisa menceritakan apa yang diimpikannya, bahkan tak jarang ia juga memiliki teman imajiner yang diajaknya bermain.

  1. emiliki Ingatan yang Bagus

Bayi yang cerdas biasanya juga mempunyai ingatan yang bagus, seperti mampu mengingat cerita yang dibacakan padanya dan menceritakannya kembali, atau bisa mengingat jalan cerita sebuah film atau tayangan yang ditontonnya lalu menceritakannya kembali dengan bahasanya sendiri.

Itu beberapa ciri dari bayi cerdas yang bisa diketahui sejak dini. Bayi yang cerdas bisa hadir karena anugerah atau gift, tapi bisa juga karena pemberian makanan bergizi, stimulasi yang tepat, dan lingkungan yang mendukung.  

Be the first to comment on "Ciri-ciri Bayi Cerdas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*