Ciri Pertumbuhan Bayi yang Sehat pada Usia 4 Bulan

Setiap orangtua tentunya mengidamkan bayinya memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Setiap bulan, ibu dan ayah tentunya akan melihat perkembangan bayi yang sehat dan semakin menggemaskan. Dan berikut ini adalah ciri pertumbuhan bayi yang sehat pada usia 4 bulan:

  1. Berat Badan Naik Dua Kali Lipat

Ketika bayi berusi empat bulan, bayi yang sehat akan memiliki kenaikan berat badan dua kali lipat dari berat badan saat lahir. Misalkan berat badan bayi ketika lahir adalah 3 kg, maka apabila pertumbuhan bayi baik, di usia 4 bulan, berat badannya akan mencapai 6 kg.

  1. Ada Tanda Gigi Tumbuh

Pertumbuhan gigi pada bayi memang berbeda-beda, ada yang 4 bulan, 6 bulan, namun ada juga yang berusia 8 bulan baru tumbuh gigi. Meski begitu, sebenarnya pada usia 4 bulan, bayi sudah menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan gigi. Beberapa cirinya adalah banyak mengeluarkan air liur, serta etrdapat ruam pada bagian wajah yang disebabkan oleh air liur. Bayi juga mulai menggigit beragam benda yang bisa dijangkau di sekitarnya, hal ini dilakukan bayi untuk mengurangi rasa gatal pada gusi karena gigi yang hendak tumbuh.

  1. Mengambil Benda di Dekatnya

Bayi berusia 4 bulan memiliki peningkatan kemampuan motorik. Apabila melihat suatu benda, maka ia akan berusaha untuk menjangkau serta menggapainya. Seperti boneka, mainan dan sebagainya. Bayi juga suka melihat obyek dengan warna-warna yang cerah.

  1. Mulai Kuat Menyangga Leher serta Kepala

Bayi berusia 4 bulan biasanya sudah mampu menahan kepala serta leher saat sedang tengkurap.

  1. Bisa Menendang

Bayi berusia 4 bulan juga sudah bisa menendang, misalnya ketika tidur, bayi sudah bisa menendang ayah atau ibu yang tidur di sampingnya.

  1. Mulai Tidur Semalaman

Jika pada bayi yang baru lahir, ibu dan ayah kerap terjaga saat malam hari karena bayi yang terbangun, maka saat bayi berusia 4 bulan, ia sudah dapat tidur nyenyak semalaman.

  1. Mampu Berekspresi

Bayi yang berusia 4 bulan juga sudah bisa berekspresi, seperti tertawa dan tersenyum saat senang, juga  cemberut saat ia kesal.

  1. Pandangan Lebih Tajam  

Bayi dengan pertumbuhan baik, memiliki pandangan yang lebih tajam ketika berusia 4 bulan. bayi juga sudah mampu membedakan warna , antara warna hitam-putih, serta warna cerah. Mata bayi juga sudah bisa mengikuti gerakan, misalnya ketika ayah ibu keluar masuk kamar, atau ketika ada benda yang bergerak-gerak di dekatnya, seperti boneka atau mobil-mobilan baterai.  

  1. Berguling

Bayi berusia 4 bulan sudah mampu berguling, namun tetap harus diawasi, jangan sampai bayi terguling dari atas kasur atau dari tempat yang tinggi.

Itulah tanda-tanda pertumbuhan bayi yang sehat pada usia  4 bulan. Pada usia ini, cukup berikan ASI eksklusif tanpa makanan tambahan lain, agar bayi tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Be the first to comment on "Ciri Pertumbuhan Bayi yang Sehat pada Usia 4 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*