Daftar Merk Tespek Terbaik Buatan Dalam Negeri

( Foto : Aepu )

Momen terlambat datang bulan bagi para wanita yang telah menikah merupakan momen yang cukup mendebarkan.  Apalagi jika siklus datang bulan biasanya selalu tepat waktu.  Ketika keterlambatan telah mencapai hari ke 7 sebaiknya anda mulai melakukan tes kehamilan dini di rumah dengan menggunakan tespek. Jangan lupa untuk memperhatikan cara memakai tespek yang tertera pada kemasan, agar pengecekan dapat dijalankan dengan baik tapi kegagalan yang mengakibatkan tespek tidak dapat digunakan kembali.

Cara kerja tespek dalam mendeteksi kehamilan adalah dengan cara mendeteksi adanya hormon hCG (Human Choronic Gonadotrin) dalam urin. Hormon merupakan hormon yang hanya dihasilkan pertama kali oleh sel telur yang berhasil dibuahi. Sehingga kemungkinan besar hanya terdapat pada tubuh wanita yang sedang hamil. Kadar hormon hCg dalam tubuh yang dapat terdeteksi oleh tespek adalah 25 mlU/ml, kadar tersebut biasanya dicapai pada hari ke 7 keterlambatan datang bulan.

 

Keberagaman merk dan cara pemakaian tespek kehamilan kadang membuat bingung dalam memutuskan. Berikut adalah daftar merk tespek terbaik dari dalam negeri dengan harga yang murah :

 

  1. Tes Hamil Onemed

Onemed merupakan merk tespek yang diproduksi oleh PT. Jayamas Medica Industri. Perusahaan ini merupakan perusahaan asli Indonesia yang didirikan di tahun 2002 di Sidoarjo, Jawa Timur. Harga untuk satu tespek adalah Rp2.000. Harga ini tentunya sangat murah, apalagi jika dibandingkan dengan tingkat keakuratannya yang dinyatakan mampu mencapai 99,9%.

( Foto : Bukalapak )

 

  1. Test Hamil Quick and Sure

Sebetulnya produk yang satu ini diproduksi oleh perusahaan yang sama dengan Onemed.  Perbedaannya adalah produk ini diklaim mampu mendeteksi keberadaan hormone hCg lebih dini yaitu saat kadar hCG 10 mlU/ml. Selain itu di dalam kemasannya tertera bahwa tingkat keakuratannya mencapai lebih dari 99,9%. Dengan nilai lebihnya ini, harga untuk satu strip tespek Quick and Sure adalah Rp5.700.

 

  1. Ultraone Test Kehamilan

Ultraone merupakan alat tes kehamilan berbentuk strip yang diklaim mampu mendeteksi kehamilan sejak dini, bahkan sebelum adanya keterlambatan menstruasi. Hal itu dikarenakan produk ini memiliki kepekaan terhadap 10 mlU/ml hormon hCG dalam urin. Produk yang satu ini juga diproduksi oleh PT. Jayamas Medica Industri, di Sidoarjo. Harga untuk satu strip ultraone adalah Rp5000.

 

Itulah ketiga tespek buatan dalam negeri dengan harga yang relatif sangat murah dibandingkan produk tespek lainnya.

Dikarenakan bentuknya yang berupa strip, maka cara menggunakan tespek ini sama yaitu cukup dengan menampung urin di sebuah wadah, celupkan strip ke dalamnya selama 30 detik. Angkat strip dan diamkan selama 1 sampai 3 menit.

Setelah itu hasil sudah dapat dilihat, jika terdapat 1 strip berwarna merah muda berarti negatif, namun jika muncul 2 garis berwarna merah muda artinya positif hamil. Untuk produk yang peka terhadap 10 mlU/ml hormon hCG, maka pengecekan sudah dapat dilakukan setelah 7 hari berhubungan.

 

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dari penggunaan tespek, yaitu ;

  • Jangan buka kemasan almunium jika strip tidak langsung digunakan,
  • Jangan sentuh area pengujian strip,
  • Simpan pada suhu kamar,
  • Hindari dari paparan matahari langsung,
  • Hanya untuk pemakaian luar,
  • Hanya dapat dilakukan untuk satu kali test.

 

Untuk anda yang sedang mempersiapkan kehamilan mungkin sudah bisa membeli beberapa buah tespek sekaligus untuk disimpan di rumah. Agar sewaktu-waktu dapat segera melakukan tes kehamilan di rumah.

Be the first to comment on "Daftar Merk Tespek Terbaik Buatan Dalam Negeri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*