Daftar Penting Peralatan Bayi yang Baru Saja Lahir

Menyambut kelahiran bayi perlu dilakukan dengan persiapan yang baik. Memilih cara persalinan, mempersiapkan kondisi fisik calon ibu dan lain-lain sangatlah penting. Selain mempersiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan persalinan dan medis, orang tua juga perlu mempersiapkan perlengkapan kebutuhan bayi sehingga semua alat yang diperlukan telah tersedia dengan baik. Mempersiapkan alat kebutuhan bayi yang baru lahir dapat dilakukan di semester akhir masa kehamilan buah hati atau menjelang proses persalinan yang akan dilalui. Berikut ini beberapa daftar penting peralatan bayi baru lahir yang perlu disiapkan dengan baik, yaitu:

Baca Juga: Seberapapun Harga Stroller Manfaatnya Bisa Dirasakan, Berikut Beberapa Manfaat Tersebut!

  • Pakaian bayi Ada berbagai jenis pakaian yang perlu disiapkan untuk menyambut kelahiran bayi. Beberapa jenis pakaian yang dimaksud yaitu setelan baju dan celana panjang, jaket, atasan lengan pendek, atasan lengan panjang, popok, topi bayi, kaos kaki dan sarung tangan. Beberapa jenis pakaian tersebut bisa dibeli sesuai kebutuhan. Pilihlah pakaian yang kualitasnya baik bagi bayi dan sesuai standar sehingga pemakaiannya terjamin aman dan nyaman. Selain itu, sebaiknya pakaian yang disiapkan untuk bayi baru lahir tidak dilakukan secara berlebihan karena berat badan bayi yang belum diketahui serta ukuran tubuh bayi yang nantinya akan terus berkembang.
  • Perlengkapan mandi. Selain pakaian, ada juga berbagai macam perlengkapan mandi yang harus disiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil. Perlengkapan mandi yang dibutuhkan antara lain bak mandi, perlak, handuk dan lain-lain. Produk perawatan mandi untuk buah hati juga perlu dipilih dan disiapkan dengan baik, mulai dari sabun, sampo, bedak, minyak telon, lotion hingga minyak wangi. Pastikanlah produk bayi yang dipilih memiliki kualitas yang baik, terbuat dari bahan alami dan cocok bagi si kecil. Selain itu, beberapa kebutuhan alat kebersihan bayi seperti gunting kuku, cotton bud, kapas dan lain-lain juga perlu disiapkan secara efektif.
  • Perlengkapan tidur. Perlengkapan istirahat atau perlengkapan tidur juga menjadi salah satu kategori dalam daftar peralatan bayi baru lahir yang perlu disiapkan dengan baik. Berbagai macam perlengkapan seperti tempat tidur atau box bayi, kasur, bantal, guling, selimut, perlak dan lain-lain harus disiapkan agar anak menikmati waktu istirahat secara efektif. Pastikanlah semua peralatan tidur yang disiapkan untuk buah hati memiliki keamanan dan kualitas yang terjamin sehingga ia merasa nyaman dan Anda tidak khawatir.
  • Perlengkapan kesehatan dan berpergian. Berbagai perlengkapan kesehatan seperti thermometer, kasa dan lainnya perlu disiapkan sebagai alat sederhana untuk mengantisipasi kondisi kesehatan bayi yang begitu rentan. Selain itu, kebutuhan alat berpergian seperti tas, gendongan bayi dan beberapa alat lainnya juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Alat-alat tersebut dapat membantu orang tua dalam menciptakan kenyamanan bagi si kecil ketika berpergian. Namun pastikanlah semua alat yang dibeli memiliki kualitas yang dapat diandalkan dan sesuai dengan standar keamanan yang dibutuhkan.

Itulah berbagai jenis kebutuhan perlengkapan bayi baru lahir yang dinilai penting dan perlu diprioritaskan. Berbagai peralatan bayi yang Anda sediakan bisa dipersiapkan sejak memasuki semester akhir masa kehamilan atau mendekati masa-masa persalinan. Berbelanja kebutuhan bayi perlu diperhitungkan sesuai kebutuhan dan skala prioritasnya. Memperhitungkan budget dan anggaran belanja kebutuhan bayi juga tidak kalah penting dan harus direncanakan. Selain itu, kualitas perlengkapan yang dibeli juga harus disimak dengan baik dan harus terjamin aman sehingga fungsi dan masing-masing kegunaannya dapat membuat seluruh perlengkapan buah hati terpenuhi dengan maksimal.

Be the first to comment on "Daftar Penting Peralatan Bayi yang Baru Saja Lahir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*