Daftar Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

Daftar Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

Sebagai pasangan suami dan istri yang baru menikah, menantikan seorang anak adalah hal yang paling diinginkan. Anak merupakan hadiah dan anugerah terindah dari Tuhan untuk dijaga, dirawat dan diajari dan segala hal yang baik diberikan padanya. Saat sedang hamil, seorang calon ayah dan ibu tentunya mempersiapkan beberapa perlengkapan bayi untuk digunakan oleh bayi setelah lahir. Perlengkapan ini sangat penting karena sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir dan perlengkapan ini khusus untuk bayi dan terbuat dari bahan-bahan yang lembut dan tidak mudah membuat kulit bayi iritasi.

Daftar Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

Perlengkapan ini sangat penting untuk bayi, berikut adalah perlengkapan yang dibutuhkan dan digunakan bayi untuk disediakan ketika sudah lahir diantaranya:

  • Kain bedong berukuran 110 cm x 90 cm dengan ukuran lebar sangat baik karena lebih memudahkan dalam proses pembedongan. Setidaknya disiapkan sebanyak 2 lusin atau 12 kain bedong, ini adalah jumlah minimal yang perlu dimiliki. Kain ini berguna untuk menjaga suhu bayi supaya tetap hangat.
  • Popok bayi untuk digunakan sebagai celana bayi, biasanya diganti ketika bayi sudah banyak pipis dan pup. Setidaknya 2 lusin atau 12 buah popok disediakan dalam satu hari.
  • Baju bayi lengan panjang untuk cuaca dingin dan baju lengan pendek saat cuaca panas. Persiapkan 2 sampai 3 baju bayi untuk dapat diganti-ganti saat bayi merasa keringatan atau terkena noda.

Perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan selain hal diatas juga gurita bayi, namun saat mengikatnya tidak perlu terlalu ketat atau kencang karena dapat mengganggu pernapasan bayi dan pencernaan bayi. Perlengkapan yang lengkap akan membantu ibu dan ayah untuk memberikan kenyamanan pada bayi. Bayi yang nyaman akan membuat senyum pada ayah dan ibu saat sedang manjagainya, selain itu juga bayi juga dapat tetap tampil cantik dan ganteng dengan baju yang dikenakannya.

Berikut adalah perlengkapan lainnya untuk bayi diantaranya:

  • Kaos kaki dan sarung tangan untuk menjaga kenyamanan bayi terutama saat dingin dan saat akan tidur. Oleh karena itu sediakan 1 lusin.
  • Perlengkapan mandi, gunakan produk sabun atau shampoo khusus untuk anak-anak. Belilah bak mandi untuk bayi dan handuk yang lembut dan pastikan selalu bersih setiap kali dipakai.
  • Kaos dalam dan celana bayi untuk lebih membuat bayi nyaman dan sediakan dalam jumlah yang banyak untuk diganti-ganti saat kotor.

Baca Juga Tips Membuka Usaha Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi memang perlu dan penting untuk bayi, terutama saat banyak mama muda yang membeli baju bayi yang dapat tampil OOTD. Perlengkapan ini memang terbilang mahal, usahakan membeli perlengkapan bertahap supaya tidak terlalu menguras keuangan keluarga. Tetapi jika sudah menyediakan anggaran lebih untuk ini tidak menjadi masalah. Oleh karena ini berikan kenyamanan pada bayi dengan peralatan lengkap dan bersih.

 

 

Be the first to comment on "Daftar Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Dipersiapkan Sebelum Melahirkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*