Fakta dan Mitos Memandikan Bayi

Memandikan bayi tentunya merupakan rutinitas yang pasti dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bayi. Namun, ternyata banyak mitos seputar memandikan seorang bayi yang berkembang di masyarakat yang akhirnya dipercaya ibu. Berikut ini adalah mitos serta fakta yang harus diketahui oleh ibu.

Baca juga: Poin Penting Memandikan Bayi Yang Benar

  1. Bayi yang Mandi dengan Air Dingin Membuat Bayi Kuat

Mitos yang ada di masyarakat mengatakan jika bayi yang mandi menggunakan air dingin akan membuat tubuh bayi menjadi kuat. Padahal hal ini tidaklah benar. Tubuh bayi sangat rentan pada suhu dingin. Air dingin akan membuat pembakaran serta metabolisme pada tubuh bayi akan meningkat dan ini akan menyebabkan makanan yang ada dalam tubuh bayi akan terkuras untuk mengatur suhu tubuh. Hal ini akan menyebabkan bayi kehabisan energi sehingga mudah sakit. Oleh karena itu, sebaiknya bayi dimandikan menggunakan air hangat dengan suhu 37 derajat celcius, dan waktu yang digunakan untuk mandi cukup 5-10 menit saja.

  1. Bayi Usia Kurang dari 40 Hari Dilarang Mandi Sore.

Mitos selanjutnya yang berkembang di masyarakat adalah larangan memandikan bayi yang belum berumur 40 hari ketika sore. Padahal, faktanya, bayi butuh mandi sebanyak 2 kali sehari meskipun belum berusia 40 hari. Bayi sudah boleh dimandikan sejak 6 jam setelah dilahirkan.

  1. Bayi yang Mandi Terlalu Lama Kulitnya akan Kering

Mitos ini juga masih sering terdengar, mandi terlalu lama memang kurang baik, akan tetapi secara fakta, mandi terlalu lama akan membuat manyak alami yang ada pada kulit bayi berkurang. Untuk mandi cukup 5-10 menit saja, dengan suhu air 37 derajat celcius.

  1. Bercak Putih pada Kulit Bayi Adalah Panu

Mitos ini juga kerap muncul di masyarakat yang mengatakan bahwa bercak putih yang ada di kulit bayi adalah panu. Padahal kenyataannya, bercak putih tersebut merupakan faktor bawaan sehingga menurun dan biasanya disebabkan oleh jamur. Kondisi ini dalam istilah medis disebut pitiriasis alba atau peradangan kulit yang disebabkan oleh banyak hal, bisa faktor dari luar tubuh atau dari dalam tubuh.

Itulah beberapa mitos yang banyak berkembang di masyarakat seputar memandikan bayi. Jaga selalu agar bayi mandi setiap hari agar kebersihannya terjaga. Tubuh bayi yang bersih tentunya akan menghindarkan bayi dari serangan virus dan penyakit. Gunakan selalu air hangat ketika bayi mandi, selain berguna untuk menjaga metabolisme tubuh dan menyeimbangkan suhu, mandi air hangat untuk bayi juga bisa memberikan kenyamanan pada bayi sehingga ia bisa tidur lebih nyenyak. Jangan gunakan sabun dewasa untuk mandi bayi, gunakan sabun dan shampo khusus untuk bayi sehingga aman bagi kulit dan tubuhnya.  

 

Be the first to comment on "Fakta dan Mitos Memandikan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*