Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Agar Kesehatannya dan Janin Lebih Terjamin

Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Agar Kesehatannya dan Janin Lebih Terjamin

Salah satu kebahagiaan seorang wanita ketika sudah menikah adalah memiliki momongan. Namun mereka harus mengandungnya selama 9 bulan lamanya dan juga penuh dengan larangan serta pantangan yang harus mereka patuhi agar kesehatannya serta sang janin menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, ibu hamil memang terbilang lebih sensitif karena hal tersebut. Hal ini terjadi terutama pada trimester pertama, dimana janin memang terbilang belum kuat dan masih tergolong lemah sehingga harus dirawat dengan intensif dan begitu juga dengan sang calon ibu. Selain itu, para calon ibu pun harus mempersiapkan diri mereka dengan selalu menjaga kesehatan dan melakukan berbagai hal agar janin tetap sehat dan dapat terlahir dengan normal serta bugar. Menjaga kesehatan mereka bukan hanya bisa dilakukan dengan cara mengeceknya ke dokter atau menerima perawatan disana, namun di rumah pun Anda bisa melakukan perawatan tersebut, yakni dengan melakukan beberapa hal ini:

Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Agar Kesehatannya dan Janin Lebih Terjamin

  • Mencukupi Asam Folat

Bagi para ibu yang sedang mengandung, akan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan asam folat. Hal tersebut dikarenakan asam folat mampu melindungi janin Anda dari adanya resiko kelainan pada bagian otak mereka serta juga pada sumsum tulang belakang. Pastikan jika Anda mengonsumsi asam folat setidaknya 400 mcg pada setiap harinya. Contohnya, Anda bisa mengonsumsi brokoli, jeruk, bayam, asparagus, dan lain sebagainya.

  • Mengonsumsi Obat dengan Hati-Hati

Bukan sekedar mitos belaka, nyatanya ibu hamil memang tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat-obatan apa pun jika memang tidak diperlukan dan juga tidak secara sembarangan. Lebih baik tidak mengonsumsi jenis obat yang dijual dengan cara bebas karena dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk sang janin. Akan lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau menggunakan alternatif lain selain mengonsumsi obat-obatan tersebut. Hal ini pastinya akan jauh lebih aman dan membuat janin tetap sehat.

  • Memenuhi Asupan Nutrisi

Hal selanjutnya yang tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan ketika sedang mengandung adalah asupan nutrisi untuk sang janin. Anda harus memiliki pola makan yang sehat dan juga mengonsumsi menu makanan yang seimbang. Ketika trimester pertama, akan lebih baik untuk menghindari makanan yang berkalori tinggi. Selain itu, hindari untuk mengonsumsi telur serta kerang karena memiliki banyak bakteri di dalamnya serta dapat membahayakan sang janin.

Baca juga Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil Memberi 4 Manfaat Ini!

  • Perbanyak Istirahat

Agar sang janin dan juga calon ibu selalu sehat, maka perhatikan waktu istirahat Anda. Jangan biasakan untuk tidur larut malam dan cobalah untuk membuat jam tidur tersendiri agar ibu hamil dan juga janin tetap sehat. Selain itu, pastikan jika selama mengandung Anda memiliki waktu yang banyak untuk beristirahat serta menambah jam tidur. Pastinya hal ini akan membuat Anda tetap sehat dan begitu pula dengan janin dalam kandungan Anda.

 

Be the first to comment on "Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Agar Kesehatannya dan Janin Lebih Terjamin"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*