Hati-hati Pilih Pakaian Bayi Baru Lahir, Inilah Tipsnya!

Menantikan kelahiran bayi tentu menjadi momen yang menyenangkan namun juga sekaligus menegangkan. Demi menjaga agar bayi bisa lahir dengan baik, ada baiknya Anda kelola ketegangan Anda tersebut sehingga terhindar dari stres dan mampu memberikan nutrisi terbaiknya. Untuk bisa melepas rasa stres yang ada, mungkin Anda butuh rileks sejenak dengan belanja perlengkapan bayi sehingga bisa jadi cara Anda menyegarkan pikiran. Pastikan untuk belanja pakaian bayi, perlengkapan mandi, makan dan lain sebagainya sehingga ketika bayi lahir semuanya sudah siap.

Namun dalam belanja baju bayi, Anda juga perlu tahu jika kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif sehingga dalam memilihkan pakaian untuknya juga harus dengan hati-hati. Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang akan memilih baju bayi yang tepat untuk bayi baru lahir, yaitu:

Baca juga: Baju Bayi Baru Lahir dan Cara Perawatan Tepat yang Perlu Diperhatikan

  1. Ketika bayi baru lahir di bulan pertama, umumnya pertumbuhannya sangatlah cepat sehingga ada baiknya memilih pakaian dengan ukuran satu lebih besar dibanding ukuran asli bayi. Namun karena Anda belum bisa memprediksi berat dan besar bayi, maka pastikan untuk beli sedia beberapa ukuran.
  2. Mengingat kulit bayi masih amat sensitif, maka periksa label pakaian itu sehingga bahan kain bisa diketahui. Hindari jenis pakaian yang mampu meninggalkan serat. Kain katun asli lebih direkomendasikan dibanding bahan yang sintetis mengingat kain katun yang lebih mudah dalam menyerap keringat yang menjadikan iritasi kulit.
  3. Pakaian bayi harus memiliki bahan yang mampu menghangatkan tubuhnya karena sebagian besar waktu bayi ketika baru lahir hanyalah untuk tidur. Jadi, pastikan pakai pakaian yang mampu menjaga si kecil agar bisa hangat dengan model yang tidak neko-neko, longgar dan juga nyaman.
  4. Untuk bagian leher bayi, pastikan pilih yang sederhana dengan tanpa kerah karena kerah kerapkali mampu membuat bayi sulit bergerak. Pakaian yang lehernya lebar merupakan yang terbaik sehingga bisa lebih mudah ketika melepas dan memasangnya. Pakaian untuk bayi juga harus longgar dan tidak ketat agar bayi merasa nyaman.
  5. Untuk buka pakaian harus bisa buka dari sisi depan ataupun belakang sehingga bisa memudahkan dalam membuka dan memakaikan pakaian tersebut. Jangan memilih pakaian dengan kancing, resleting dan kait yang banyak karena bisa membahayakan si kecil. semakin simpel model, semakin baik.
  6. Baju hangat berbahan katun dan wol bagus untuk si kecil karena mampu memberikan kehangatan dan bayi tetap bisa bernapas.

Itulah beberapa trik dalam pemilihan pakaian bayi yang tepat untuk kulit sensitifnya. Setelah Anda tahu tips dan triknya, selanjutnya Anda tinggal memilih mana yang menurut Anda tepat. Makin simpel model pakaian untuk bayi, maka justru makin bagus.

 

Be the first to comment on "Hati-hati Pilih Pakaian Bayi Baru Lahir, Inilah Tipsnya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*