Hindari Berbagai Penyakit dengan Asupan Vitamin Bayi Baru Lahir dengan Tepat

Pertumbuhan bayi baru lahir dipengaruhi dari berapa faktor salah satunya dari makanan yang di konsumsinya setiap hari. Makanan utama bayi tentu saja ASI, tetapi ada juga bayi yang menolak saat diberi ASI oleh orang tuanya. Jadi mau tidak mau orang tua harus mampu memberikan makanan pengganti ASI yang tepat. Selain itu juga tambahan vitamin bayi yang diperlukan untuk tubuh juga penting, jadi bukan hanya dari susu formula saja untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi.

Dari sebuah riset mengatakan bahwa tidak perlu adanya tambahan vitamin dan juga nutrisi pada bayi jika telah mengkonsumsi ASI, seperti yang diketahui bahwa ASI mempunyai kandungan terbaik sebagai sumber makanan utama bayi. Tetapi hal itu berbeda dengan pendapat beberapa dokter yang mengatakan untuk tetap memberikan tambahan vitamin demi meminimalisir mudahnya terserang penyakit yang mengganggu kesehatan bayi. Nah, berikut ini ada beberapa vitamin tambahan yang dibutuhkan bayi antara lain:

Baca juga: Pemberian Vitamin Bayi Secara Rutin Harus Sesuai Anjuran Dokter

  • Vitamin A.

Sebenarnya vitamin A sendiri telah terkandung banyak di ASI yang telah ibu berikan, tetapi selain itu juga dapat memberikan tetesan secara langsung. Banyak keuntungan dari terpenuhinya kebutuhan vitamin A pada bayi antara lain menyehatkan mata dan juga membantu sistem kekebalan tubuh bayi.

  • Vitamin B.

Selanjutnya untuk jenis vitamin ini bukan hanya dibutuhkan saat bayi baru lahir tetapi semenjak ibu hamilpun kebutuhan vitamin B kompleks harus terpenuhi. Karena ini merupakan jenis vitamin bayi yang sangat bagus untuk menyempurnakan perkembangan bayi.

  • Vitamin C.

Bagi bayi tercukupinya vitamin C ternyata bermanfaat banyak antara lain menyembuhkan luka, menjaga kolagen serta dapat juga sebagai penambah daya tahan terhadap serangan infeksi atau bakteri jahat, kesehatan mulut bayi dan lainnya.

  • Vitamin D.

Air susu ibu ternyata juga menyimpan banyak vitamin D yang baik untuk kesehatan bayi, nyatanya sebuah penelitian mengatakan bahwa setidaknya setiap hari bayi harus mendapatkan seribu IU vitamin D.

  • Vitamin K.

Kemungkinan besar kerusakan pada tubuh bayi dapat terjadi, makanya penting untuk selalu memberikan asupan vitamin K yang dipercaya mampu mencegah pendarahan pada tubuh bayi. Makanya itulah sebabnya kenapa bayi harus di suntik vitamin K saat baru terlahir.

  • Vitamin E.

Banyak yang menyarankan pemberian vitamin E pada bayi baik melalui tetes karena hal ini dapat membentuk kekebalan tubuh bayi.

Itulah beberapa vitamin penting yang wajib diberikan kepada bayi yang baru lahir, sebagai orang tua baru penting mengetahui apa saja yang dibutuhkan tubuh anak supaya dapat berkembang baik. Walaupun sebenarnya secara garis besar semua vitamin itu baik untuk tubuh bayi, tetapi ada juga vitamin bayi yang paling baik. Dengan berbagai macam nutrisi dan juga vitamin tubuh bayi tercukupi tentunya tumbuh kembang buah hati juga lancar tanpa adanya gangguan kesehatan.

 

Be the first to comment on "Hindari Berbagai Penyakit dengan Asupan Vitamin Bayi Baru Lahir dengan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*