Hindari Kesalahan Merawat Bayi yang Masih Sering Dilakukan Ibu Baru Kebanyakan

Hindari Kesalahan Merawat Bayi yang Masih Sering Dilakukan Ibu Baru Kebanyakan

Allah memberikan titipan anak tidak pada sembarang orang, hal itu bisa dilihat bahwa sebenarnya untuk bisa merawat bayi dengan baik dan tepat itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi untuk para ibu baru yang mempunyai anak pertama kali pasti pernah melakukan beberapa kesalahan dalam perawatan tersebut. Walaupun pada dasarnya belajar dan memahami selalu dilakukan tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah. Bagi beberapa orang tua baru mungkin melakukan kesalahan itu tidak mereka sadari sampai dengan menimbulkan reaksi atau akibat buruk yang terjadi pada buah hatinya.

Sebagai ibu baru sebenarnya wajar-wajar saja bila melakukan kesalahan jika hal itu hanya sekali dua kali dalam kesehariannya, tetapi jika sudah lebih dari hal itu pasti akan berakibat buruk juga pada pertumbuhan anak. Berikut ini ada beberapa kesalahan yang sangat umum dilakukan oleh para orang tua dalam merawat buah hati pertamanya yaitu:

Hindari Kesalahan Merawat Bayi yang Masih Sering Dilakukan Ibu Baru Kebanyakan

  • Terlalu mudah panik

Untuk bisa tetap tenang ketika melihat anak muntah, menangis, mengeluarkan ludah, susah buang air besar dan lainnya itu tetap susah. Apalagi untuk ibu baru yang pertama kalinya mengalami pengalaman seperti itu. Padahal jika orang tua mudah panik ketika melihat anak seperti itu pasti akan berimbas pada anak juga yang semakin ketakutan dan akhirnya melemah.

  • Susah mendengar tangisan keras

Terkadang sebagai orang tua itu belum mengetahui betul apa yang diinginkan dari anak dibalik tangisan yang keras. Banyak orang tua yang mendefinisikan bahwa itu merupakan bentuk protes kesakitan dari si kecil. Padahal dalam merawat bayi sangat umum mendengar tangisan, hal itu bisa berarti mereka kelaparan, tidurnya terganggu, tempat duduk tidak nyaman ataupun lainnya.

  • Kurang paham ketika demam

Selain mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan oleh buah hati sebagai orang tua juga harus belajar akan hal-hal yang dapat membahayakan kondisi buah hati. Misalnya dari analisa demam, kapan anak harus di kompres, kapan anak dibawa ke dokter dan lain sebagainya.

  • Mengabaikan perawatan gigi dan gusi

Sebagai orang dewasa melakukan sikat gigi minimal 3 kali dalam sehari itu wajib, hal itu bukan berarti tidak berlaku juga untuk bayi yang belum mempunyai gigi lengkap. Padahal perawatan bagian mulut dari kecil itu sangat penting untuk mengurangi resiko kerusakan gigi dan juga gusi.

Baca juga Kiat Mudah Melakukan Perawatan Bayi Sendiri di Rumah yang Aman

Dari beberapa hal diatas dapat Anda analisa sendiri apakah juga pernah melakukan hal sama atau sudah menghindari dengan banyaknya belajar dari berbagai sumber. Dalam belajar merawat bayi sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi jika langsung mempercayai hal yang belum mempunyai dasaran yang kuat. Untuk lebih amannya, Anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter ahli anak dalam segala bentuk masalah yang muncul pada buah hati.

 

Be the first to comment on "Hindari Kesalahan Merawat Bayi yang Masih Sering Dilakukan Ibu Baru Kebanyakan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*