Ingin Mencoba Program Bayi Tabung? Berikut Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui

Ingin Mencoba Program Bayi Tabung? Berikut Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui

Di zaman yang serba modern dan canggih ini berbagai permasalahan pasti akan ada sebuah jalan keluar atau solusi. Termasuk dalam hal susah memiliki keturunan dikarenakan beberapa penyebab seperti endometriosis ataupun jumlah sperma sedikit. Lewat sebuah program yang mulai diperkenalkan pada tahun 1970an ini akan memberikan secercah harapan bagi pasangan yang memiliki masalah dalam hal keturunan. Program ini biasa disebut dengan bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF) yang merupakan salah satu teknik untuk membantu proses pembuahan atau fertilisasi antara sel telur dengan sel sperma dan membantu mengatasi masalah kesuburan.

Ingin Mencoba Program Bayi Tabung? Berikut Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui

Prosedur Bayi Tabung

Sebelum menjalankan program ini pastinya dokter akan mendiagnosis dan menemukan penyebab permasalahan yang Anda dan pasangan alami. Setelah menemukan penyebab mengapa belum juga dikaruniai keturunan selanjutnya dokter akan memberikan sebuah tindakan medis. Tindakan medis ini diawali dengan pemberian obat kesuburan. Diharapkan dengan resep obat kesuburan ini akan merangsang indung telur untuk melepaskan sel telur dalam jumlah yang banyak secara bersamaan. Selama Anda mengonsumsi obat-obatan ini maka dokter akan selalu mengawasi tingkat hormon dalam tubuh, keadaan indung telur dan selalu mengontrol sel telur sedang dalam tahap pematangan folikel.

Saat ovum atau sel telur matang maka dokter akan mengangkatnya dengan jarum suntik tipis yang nantinya akan disatukan dengan sperma pasangan Anda. Proses pertemuan antara sel ovum dan sel sperma terjadi di cawan petri. Sel ovum yang sudah dipertemukan dengan sperma kemudian disebut embrio. Proses selanjutnya yaitu menginkubasi embrio dalam beberapa hari. Selama proses inkubasi ini dokter akan selalu mengawasi tumbuh kembang dari embrio ini. Setelah dinyatakan embrio berkembang secara normal dan sehat proses selanjutnya yaitu memasukkan embrio ke dalam rahim. Dokter akan memberikan resep suplemen progesteron agar Anda dapat memiliki kehamilan yang sehat dan normal seperti kehamilan pada umumnya.

Pasangan yang Dapat Melakukan Program Bayi Tabung

Perlu diingat bahwa program bayi tabung ini diperuntukkan bagi pasangan sah secara hukum dan agama yang ingin mempunyai keturunan. Di Indonesia sendiri sangat dilarang melakukan program tersebut dengan donor sperma (sperma milik orang lain/bukan pasangannya) dan ibu pengganti (meminjam rahim orang lain untuk pertumbuhan embrio). Apabila Anda dan pasangan memiliki beberapa masalah seperti berikut, maka program ini patut Anda coba sebagai langkah untuk memperoleh keturunan, antara lain:

  • Endometriosis

Seorang wanita yang mengidap endometriosis akan sangat terbantu dengan program ini dikarenakan proses pembuahan yang dilakukan secara in vitro sehingga dapat memudahkan proses kehamilan.

Baca jug: Program Bayi Tabung Pasti akan Lebih Lancar dan Berhasil Jika Anda Melakukan Hal Ini!

  • Gangguan Tuba Fallopi

Program pembuahan secara in vitro ini tidak melibatkan peran tuba fallopi sama sekali sehingga wanita yang jalur tuba fallopinya terhambat maka dapat memilih program bayi tabung sebagai sebuah solusi.

Be the first to comment on "Ingin Mencoba Program Bayi Tabung? Berikut Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*