Ini Dia 3 Kegiatan Utama yang Dilayani Oleh Posyandu

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, selain melakukan pola hidup sehat Anda juga harus rutin untuk melakukan cek kesehatan. Dimana ada beberapa tempat untuk melakukan tes kesehatan dari rumah sakit, puskesmas, dan juga di posyandu atau pos layanan terpadu. Tempat yang terakhir tersebut merupakan sarana kesehatan khusus yang dikhususkan untuk ibu hamil dan juga balita untuk menjaga kesehatannya. Biasanya kegiatan tersebut dapat dilakukan tidak hanya di sarana kesehatan saja tetapi juga bisa dilakukan di balai desa atau juga di rumah bidan atau warga yang dipilih untuk mengadakan kegiatan tersebut yang telah disepakati bersama. Akan tetapi pada umumnya memang kegiatan tersebut sudah terpusat di puskesmas atau di balai desa. Adapun beberapa layanan yang diberikannya yang bisa dimanfaatkan adalah:

Baca juga: Ulasan Seputar Peran dan Waktu yang Tepat untuk Pergi ke Posyandu

  • Menyediakan layanan KB

Layanan kesehatan yang pertama dapat dilakukan di pos layanan terpadu tersebut adalah KB. Bagi pasangan tentu saja akan memasang KB yang diinginkan apabila ingin menunda mempunyai momongan. Selain itu juga bisa dilakukan bagi ibu yang baru saja melahirkan sehingga dapat untuk fokus menjaga anaknya yang masih kecil. Memasang KB tersebut tentu bisa dengan memilih jenisnya dari pil, IUD, dan berbagai jenis lainnya tergantung dari kebutuhannya. Dengan konsultasi dengan bidan maka pasangan bisa untuk memilih jenis KB yang tepat sehingga dapat untuk menunda memiliki anak terlebih dahulu.

  • Kesehatan ibu hamil

Prioritas selanjutnya yang merupakan layanan utama dari Posyandu adalah dengan menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi. Biasanya untuk ibu hamil akan sering berkonsultasi dengan ahli untuk menjaga dan juga mengecek kondisi kehamilannya. Banyak orang yang akan melakukan kontrol tersebut di tempat ini dan akan mendapatkan perawatan yang terbaik dari bidan yang memang mengurusi untuk masalah kesehatan ibu hamil. Bidan tersebut akan bertanggung jawab untuk mengecek dan juga memberikan nasehat pada ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan hingga nantinya melahirkan.

  • Memberikan layanan imunisasi

Jenis layanan selanjutnya yang dapat diberikan adalah memberikan imunisasi pada bayi. Program ini merupakan keharusan yang bisa untuk mencegah berbagai penyakit pada bayi ketika ia tumbuh dewasa. Ada banyak jenis imunisasi yang bisa diberikan seperti campak, folio, dan juga jenis imunisasi lainnya. Biasanya imunisasi tersebut akan diadakan pada waktu tertentu dan tidak membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan oleh orangtua.

Berbagai layanan tersebut adalah hal yang bisa didapatkan dari kegiatan yang dilakukan di Posyandu. Dimana memang fokus utama dari kegiatan tersebut adalah untuk menjaga kesehatan dari ibu hamil sampai ia melahirkan dengan sehat dan juga memberikan layanan terbaik untuk bayi. Seperti imunisasi yang akan membuat bayi tumbuh lebih sehat dengan diberikan beragam jenis imunisasi untuk kekebalan tubuhnya.

 

Be the first to comment on "Ini Dia 3 Kegiatan Utama yang Dilayani Oleh Posyandu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*