Ini Dia 4 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Cerdas

Ini Dia 4 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Cerdas

Setiap anak akan menghabiskan 16 tahun di dalam hidupnya untuk menempuh pendidikan, jadi sudahkah menyiapkan kebutuhan pendidikan anak Anda? Semua orangtua tentu berharap bisa memberikan pendidikan yang terbaik bagi buah hatinya sejak masuk TK sampai lulus kuliah. Hanya saja dengan masa belasan tahun tersebut dipastikan akan menyita banyak perhatian serta dana, apalagi biaya pendidikan dari masa ke masa terus merangkak naik. Kalau persiapan Anda kurang dijamin akan keteteran padahal anak tidak akan nyaman sekolah kalau mengkhawatirkan masalah biaya.

Ini Dia 4 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Cerdas

Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Buah Hati

Kekhawatiran orangtua menyangkut pendidikan buah hati adalah perihal biaya, sehingga banyak orangtua yang sudah menyiapkannya bahkan sejak masih hamil. Bagaimana dengan Anda? Tentunya terdapat banyak cara mengumpulkan dana pendidikan tersebut, agar aman dan efektif simak tips berikut:

  • Menabung sejak dini,

Menabung sejak dini menjadi solusi terbaik mempersiapkan dana pendidikan bagi anak dan bisa dilakukan siapa saja. Asalkan punya keinginan menabung meski gaji bulanan kedua orangtua terbilang kecil dijamin mampu. Tidak harus menabung dalam nominal besar, kecil atau sedikit namun rutin sudah sangat berarti. Pisahkan tabungan ini agar tidak dipakai untuk keperluan lainnya.

  • Pertimbangkan memakai asuransi jiwa,

Orangtua zaman sekarang punya opsional lebih dalam menyiapkan dana pendidikan anak tercintanya. Tidak hanya menabung dan investasi saja melainkan bisa dengan jalan membeli premi asuransi jiwa. Asuransi ini memiliki kebijakan memberi tunjangan pada ahli waris, baik istri maupun anak jika suami selaku kepala keluarga meninggal atau cacat setelah mengalami kecelakaan. Biasanya dana tunjangan ini sekitar Rp 1M sehingga cukup untuk kebutuhan sekolah anak sampai lulus kuliah.

  • Melibatkan anak,

Zaman sekarang sudah banyak orangtua yang bijak ikut melibatkan anak dalam menentukan arah pendidikannya. Sehingga tidak ada lagi paksaan anak mengikuti keinginan orangtua demi nama baik atau gengsi. Tanyakan anak yang sudah bisa berpikir logis, misal setelah masuk bangku SMP mengenai ketertarikanya di bidang pendidikan apa. Jika mereka menginginkan sekolah di bidang desain Anda bisa mencari info kisaran biaya untuk masuk ke jurusan tersebut. Sehingga memudahkan Anda mempersiapkan dana pendidikan untuk semua anak di rumah.

Baca juga Tips Agar Bayi Sehat Selalu dan Mempunyai Perkembangan Terbaik

  • Batasi hutang yang sifatnya konsumtif,

Kebanyakan orangtua zaman sekarang memang masih memiliki beberapa cicilan, entah cicilan kredit rumah, kendaraan, sampai kebutuhan konsumtif. Jika sudah memiliki anak usahakan untuk paham prioritas dengan memilih menyiapkan dana pendidikan si kecil, sekalipun masih bayi. Hindari kredit dan membeli kebutuhan konsumtif misalnya seperti handphone, elektronik, sampai kendaraan model terkini. Manfaatkan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehingga bisa dengan lebih mudah mengalokasikan sisa gaji ke dana pendidikan anak sejak dini.

Be the first to comment on "Ini Dia 4 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Cerdas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*