Ini Dia 5 Cara Jitu untuk Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Ini Dia 5 Cara Jitu untuk Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Popok merupakan salah satu kebutuhan wajib untuk para orang tua yang memiliki bayi. Fungsi utama dari popok adalah untuk mengantisipasi agar bayi tidak mengompol pada saat buang air kecil dan sebagai tempat buang air besar untuk para bayi. Ada dua jenis popok yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu jenis popok sekali pakai dan popok yang bisa dicuci kembali. Umumnya para orang tua akan memakaikan popok sejak bayinya berusia satu bulan, namun, karena kulit bayi memiliki tingkat sensitifitas yang sangat tinggi sehingga terkadang menimbulkan ruam pada kulit bayi. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi ruam popok dengan benar.

 Ini Dia 5 Cara Jitu untuk Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok biasanya ditandai dengan kulit bayi yang memerah atau kulit seperti bersisik. Kondisi ini terkadang dapat membuat bayi Anda merasa risih dan tidak nyaman, sehingga menjadi rewel. Bahkan, ada beberapa kasus ruam yang cukup parah dan menyebabkan bayi sering menangis. Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasi ruam pada kulit bayi yang benar, yaitu: 

  • Pastikan Anda mengecek secara rutin popok bayi Anda. Hal ini penting untuk memastikan apakah kondisi popok tersebut sudah basah atau kotor. Segera ganti popok bayi Anda jika memang sudah kotor dan jangan sekali-kali menundanya.
  • Cara mengatasi ruam popok selanjutnya adalah dengan mengelap bagian kulit bayi yang akan di pakaian popok, pastikan kondisinya telah benar-benar bersih dan kering sebelum Anda memakaikan popoknya kembali.
  • Untuk mencegah ruam atau iritasi kulit karena gesekan popok terhadap kulit bayi Anda, berikan krim atau gel khusus bayi yang bisa Anda dapatkan dari dokter spesialis anak. Jangan pernah menggunakan krim bayi sembarangan karena dapat membahayakan buah hati Anda.
  • Sesekali berikan waktu untuk bayi Anda dengan tidak memakaikan popok. Anda dapat menggunakan handuk lembut sebagai alas agar kulit bayi tidak selalu dibungkus dan bergesekan dengan popok.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengatasi ruam yang disebabkan oleh popok dengan memilih jenis popok terbaik untuk buah hati Anda. Umumnya popok dengan merek terkenal dan banderol harga yang terbilang mahal memiliki kualitas yang lebih terjamin, atau Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis popok terbaik bagi bayi Anda.

 Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Itulah 5 cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ruam popok yang sering terjadi pada bayi. Jika Anda mengikuti semua cara di atas dengan baik dan benar, maka buah hati Anda akan terhindar dari problema ruam kulit. Mengutamakan kesehatan bayi merupakan hal penting yang tidak boleh Anda sepelekan, karena kesehatan akan sangat berpengaruh pada tubuh kembang buah hati Anda.

 

 

 

Be the first to comment on "Ini Dia 5 Cara Jitu untuk Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*