Ini Dia Resep Bubur Praktis Bayi 7 Bulan dan Manfaat Brokoli untuk Makanan Bayi

Ini Dia Resep Bubur Praktis Bayi 7 Bulan dan Manfaat Brokoli untuk Makanan Bayi

Ketika bayi memasuki umur 7 bulan maka ibu perlu mengetahui MPASI. MPASI yang dibutuhkan oleh bayi minim menimbulkan alergi dan jangan terlalu banyak memberi sayur dan buah. Pilih bahan makanan yang bebas pengawet karena banyaknya bubur instan. MPASI dibuat tanpa adanya tambahan bumbu, hindari menggunakan garam dan gula pada bayi. Pastikan memilih bahan makanan yang mengandung nutrisi untuk makanan bayi demi tumbuh kembangnya.

Ini Dia Resep Bubur Praktis Bayi 7 Bulan dan Manfaat Brokoli untuk Makanan Bayi

Berikut adalah beberapa resep bubur praktis untuk bayi 7 bulan diantaranya:

  • Bubur ubi bayam polong: persiapkan bayam, butter tawar, daun bawang, kacang polong beku, kaldu dan ubi. Bersihkan bayi, kupas ubi dan potong kecil, iris halus bawang, panaskan butter dalam wajan, masukkan ubi dan kaldu dan tambahkan kacang polong dengan bayam selama 3 menit hingga melunak dan setelah dingin haluskan menggunakan blender.
  • Bubur tahu: persiapkan garam halus, kaldu, margarin, tahu, tepung beras, tomat dan wortel. Potong tahu menjadi dadu kecil, kupas wortel setelah dicuci dan serut halus, kupas tomat kemudian cincang, campurkan tahu dengan tepung kacang hijau, tepung beras, wortel juga tomat, kedalam mangkuk tahan panas dan aduk hingga merata. Kemudian masukkan dalam dandang dan angkat dan tuangkan kedalam piring.

Beberapa resep makanan bayi diatas sebaiknya dibuat sendiri untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sehat. Memasak sendiri juga akan menekan pengeluaran untuk bubur bayi. Dengan membuat sendiri, ibu akan lebih tahu menggunakan makanan apa saja dengan bahan-bahan segar. Membuat bubur sendiri membuat ibu dapat melakukan variasi yang jauh lebih banyak daripada varian bubur instan di toko.

Baca juga: Makanan Bayi Yang Dianjurkan Untuk Para Bunda

Berikut adalah manfaat brokoli untuk bubur bayi diantaranya:

  • Meningkatkan fungsi hati, dengan kandungan vitamin A, C dan E memberi kemampuan pada tubuh bayi menjaga kekebalan tubuhnya sekaligus meningkatkan fungsi hati.
  • Mengurangi reaksi alergi, kaya nutrisi termasuk kaempferol dan isothiocyanates yang merupakan senyawa anti inflamasi nabati yang baik dan berhubungan dengan alergi tubuh.
  • Menjaga kekebalan tubuh bayi, adanya flaavonoid dan membuat brokoli maksimal menjalankan perannya sebagai antioksidan yang kuat dan mengandung fitonutiren khusus untuk detoksifikasi di dalam tubuh bayi.
  • Meningkatkan kecerdasan otak, omega 3 baik untuk perkembangan otak bayi, dan vitamin B kompleks dikandung oleh brokoli dapat membantu perkembangan otak bayi.

Brokoli untuk makanan bayi, penting juga untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium dengan kadar yang cukup tinggi didukung vitamin K untuk penyerapan kalsium maksimal. Secara umum brokoli dapat melawan kanker karena mengandung agen anti kanker yaitu indoles, sulforaphane, isothiocyanate, glukossinolate, dihtiolthione dan beta karoten. Dapat mencegah diabetes mengandung karbohidrat sebagai pengganti nasi dan kalori yang dimiliki tergolong rendah sehingga akan sangat aman.

Be the first to comment on "Ini Dia Resep Bubur Praktis Bayi 7 Bulan dan Manfaat Brokoli untuk Makanan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*