Inilah 4 Bentuk Perawatan Khusus Pada Kulit Sensitif Bayi

Inilah 4 Bentuk Perawatan Khusus Pada Kulit Sensitif Bayi

Menjadi seorang ibu membuat Anda perlu memperhatikan kulit sensitif bayi Anda dengan seksama supaya tidak terjadi hal-hal buruk. Pada umumnya bayi memang terlahir dengan kulit yang lebih sensitif namun seiring bertambahnya usia bayi kondisi kulit perlahan menjadi tidak sensitif. Hanya saja beberapa bayi terlahir unik dengan kulit yang sangat-sangat sensitif sehingga mudah mengalami ruam, lecet, teriritasi, dan lain sebagainya yang harus diperhatikan secara khusus. Rupanya kulit bayi yang cenderung sensitif ini membutuhkan perawatan khusus.

 Inilah 4 Bentuk Perawatan Khusus Pada Kulit Sensitif Bayi

Perawatan Khusus untuk Kulit Bayi yang Sensitif 

Bagi para orangtua yang mendapati buah hatinya memiliki kulit sensitif baiknya jangan panik berlebihan, Anda bisa memberikan perawatan berikut untuk membuatnya tetap sehat:

  •  Memilih produk bayi dengan tepat,

Si kecil yang memang memiliki kulit yang sensitif tentu tidak bisa di pakaikan produk perawatan kulit bayi secara asal. Langkah pertama agar bisa tetap mengaplikasikan produk perawatan tersebut adalah dengan mencari yang bebas pewangi atau fragrance. Kandungan pewangi di dalam produk bayi baik untuk kulit, rambut, dan sebagainya bisa memicu iritasi manakala kulitnya sensitif.

  • Jangan berlebihan memakaikan produk bayi,

Meskipun sudah mencarikan produk perawatan bayi yang aman untuk kulit sensitif bayi karena bebas pewangi dan memakai bahan-bahan alami. Ternyata masih ada potensi menyebabkan iritasi seperti kulit yang menjadi kemerahan. Maka paling aman adalah dengan mengaplikasikan produk tersebut dalam jumlah terbatas namun cukup. Misalnya untuk minyak rambut bayi usahakan dioleskan tipis-tipis saja jangan menuangkan terlalu banyak karena bisa menyerang kulit sensitifnya. Selama diaplikasikan dalam jumlah yang tidak berlebihan maka lebih terjamin aman.

  • Ganti popok secara teratur,

Salah satu masalah yang sering dialami bayi dengan kulit sensitif adalah ruam popok, bahkan terkena air pipis sedikit sudah memunculkan ruam. Maka ibu perlu menyediakan popok ganti lebih banyak karena dijamin lebih sering mengganti popoknya. Hindari mengganti popok terlalu lama karena dijamin akan menciptakan ruam yang lebih lebar dan lebih parah. Menjaga kulit bayi di area genital baiknya tetap dalam kondisi kering sekaligus selalu memakaikan popok baru dan bersih. Sehingga mengurangi dan juga mencegah adanya ruam popok.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Memilihkan pakaian bayi yang tepat,

Kulit yang sensitif bisa membuat si kecil mudah rewel dan kadang kala hanya karena memakai baju dari kain yang salah. Usahakan mencari pakaian bayi yang terbuat dari katun karena menjadi jenis kain yang paling aman untuk kulit sensitif pada bayi. Pastikan permukaan pakaiannya lembut karena kasar sedikit oleh serat kain yang kaku dijamin sudah membuat kulitnya lecet dan teriritasi. Selektif dalam memilihkan pakaian memang penting karena saat kulit sensitif bayi akan mudah bermasalah meski dari sepotong kecil kain.

Be the first to comment on "Inilah 4 Bentuk Perawatan Khusus Pada Kulit Sensitif Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*