Inilah 4 Gerakan Olahraga Ibu Hamil Agar Persalinan Lebih Lancar

Inilah 4 Gerakan Olahraga Ibu Hamil Agar Persalinan Lebih Lancar

Saat ibu hamil baik hamil muda maupun sudah menjelang proses persalinan tentunya tetap baik melakukan olahraga secara teratur. Meski perut sedang membuncit kebiasaan olahraga tertentu yang terbilang aman bagi kehamilan menarik untuk ditekuni. Sebab olahraga secara teratur membantu ibu yang sedang hamil memelihara kesehatan dan menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Efeknya akan terasa di masa persalinan dimana resiko terjadi masalah lebih kecil, sehingga usahakan terbiasa berolahraga sejak hamil trimester pertama.

Inilah 4 Gerakan Olahraga Ibu Hamil Agar Persalinan Lebih Lancar

Olahraga yang Melancarkan Persalinan

Setelah masuk ke trimester kedua dan ketiga maka para ibu yang tengah hamil disarankan memilih gerakan olahraga yang melancarkan persalinan. Ragamnya sendiri antara lain:

  • Rutin senam kegel,

Senam kegel adalah senam yang sangat mudah untuk dilakukan sehingga resikonya nyaris tidak ada. Senam kegel sendiri adalah gerakan menahan keinginan untuk pipis yang dilakukan beberapa kali dalam sehari. Beberapa ibu yang tengah hamil bisa melakukan senam kegel kapan saja ketika ingat, sebab gerakan ini ternyata bisa merangsang jalan lahir untuk kemudahan persalinan. Senam kegel pun selain mudah juga murah karena bisa dilakukan tanpa tambahan peralatan khusus.

  1. Melakukan senam jongkok,

Gerakan jongkok ternyata juga membantu mempersiapkan tubuh ibu hamil untuk menghadapi proses persalinan menjadi lebih mudah. Caranya Anda cukup berdiri tegak dengan kedua kaki sejajar bahu kemudian turunkan tubuh seperti hendak jongkok secara perlahan. Ketika sudah dalam posisi jongkok tahan hingga 10 hitungan kemudian perlahan mulai berdiri kembali. Lakukan beberapa kali dalam sehari karena gerakan senam jongkok ini akan memperkuat otot di panggul dan paha sehingga melancarkan persalinan, namun jika sudah lelah tak perlu dipaksa.

  1. Melakukan gerakan duduk bersila,

Gerakan senam yang ringan ternyata ada banyak yang bisa membantu mempermudah proses persalinan. Jika merasa gerakan jongkok terlalu berat untuk dilakukan pertimbangkan untuk mencoba gerakan duduk bersila. Anda bisa duduk bersila seperti biasa namun pastikan punggung tegak dan tahan posisi ini antara 10-15 hitungan. Opsional lain adalah melakukan gerakan yoga bernama tailor atau posisi kupu-kupu dan nyaris mirip dengan posisi bersila, hanya saja kedua kaki direntangkan dan mempertemukan kedua telapak kaki.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  1. Gerakan mini sit up,

Satu lagi gerakan olahraga ringan yang juga efektif meringankan proses persalinan, yakni mini sit up yang membantu memperkuat otot di perut dan punggung. Lakukan gerakan sit up sederhana tanpa perlu menekan perut berlebihan, cukup rasakan sensasi sedikit tegang di otot perut. Awali gerakan senam ini dengan tidur telentang lalu tekuk kedua kaki dan biarkan telapak kaki menyentuh lantai untuk memperkuat posisi Anda. angkat kepala ke arah perut namun tak perlu terlalu ditekan, dan lakukan beberapa kali setiap hari agar ibu hamil bisa melahirkan normal dengan nyaman.

Be the first to comment on "Inilah 4 Gerakan Olahraga Ibu Hamil Agar Persalinan Lebih Lancar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*