Inilah 4 Upaya Pencegahan Penyakit Campak Pada Bayi yang Bisa Anda Lakukan

Inilah 4 Upaya Pencegahan Penyakit Campak Pada Bayi yang Bisa Anda Lakukan

Semua orangtua tentu perlu mewaspadai kemunculan penyakit campak pada buah hatinya karena memang penyakit ini dialami sekali dalam seumur hidup. Beberapa bayi mengalami campak beberapa bulan setelah lahir ada pula yang mengalami campak di usia senja. Campak sendiri ditandai dengan munculnya bercak kemerahan dan berisi air atau cairan sehingga nampak bentol atau menonjol. Ketika cairan ini keluar atau pecah maka akan merembet dan menciptakan bentol baru di area yang terkena cairan tersebut.

Inilah 4 Upaya Pencegahan Penyakit Campak Pada Bayi yang Bisa Anda Lakukan

Pencegahan Campak Pada Bayi

Si kecil yang mengalami campak biasanya rewel karena tubuhnya terasa gatal disertai rasa panas, perlu perawatan khusus agar sembuh. Namun menariknya campak sendiri bisa dicegah menyerang si kecil dan berikut pencegahan yang bisa dilakukan:

  • Melakukan vaksinasi,

Campak bisa dicegah sejak dini dengan memberikan vaksin kepada buah hati dan pemberiannya dimulai sebelum anak menginjak usia 1 tahun. Vaksin ini menyuntikan virus penyebab campak ke tubuh si kecil yang kemudian merangsang tubuh untuk menciptakan antibodi, sehingga ke depannya tidak akan tertular campak lagi. Langkah ini adalah yang paling terjamin untuk mencegah campak pada buah hati Anda.

Baca juga: Kenali Penyakit Campak Terhadap Anak

  • Jauhkan si kecil dari penderita campak,

Tak bisa dipungkiri jika penyakit campak termasuk ke dalam penyakit musiman yang menular. Berhubung penyebabnya adalah virus maka penularannya memang sangat cepat, pada saat ada tetangga sekitar yang terkena campak. Baiknya isolasi si kecil untuk tetap di dalam rumah sebab dengan menjauhkannya dari penderita campak bisa memperkecil proses penularan. Baru ketika musim campak sudah lewat Anda bisa dengan bebas mengajak si kecil keliling kompleks.

  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan,

Upaya yang juga bisa dilakukan untuk mencegah si kecil menderita campak adalah dengan menciptakan lingkungan rumah dan sekitarnya yang bersih. Ketika rumah dan lingkungan sekitarnya dalam kondisi bersih maka menghindarkan dari berbagai bibit penyakit. Virus penyebab campak pun tidak akan mudah mendekat karena Anda selalu memastikan rumah dalam kondisi bersih dan tidak ideal bagi virus untuk berkembang. Maka perhatikan betul sanitasi rumah Anda ketika memiliki bayi tidak lupa pula untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

  • Mencukupi kebutuhan gizinya,

Campak maupun penyakit jenis lainnya memang perlu diakui lebih mudah menyerang bayi yang kondisi ilmunya rendah. Imun tubuh bisa rendah disebabkan karena banyak hal dan yang paling utama adalah karena kebutuhan nutrisi yang belum terpenuhi secara maksimal. Maka penting bagi setiap orangtua untuk memperhatikan asupan nutrisi si kecil, asalkan sehat dan seimbang dijamin tidak mudah sakit. Upaya ini juga mampu mencegah penyakit campak menghinggapi tubuh buah hati Anda, maka usahakan lebih selektif mengenai makanan si kecil.

 

Be the first to comment on "Inilah 4 Upaya Pencegahan Penyakit Campak Pada Bayi yang Bisa Anda Lakukan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*