Inilah Beberapa Senyawa Berbahaya dalam Makanan Bayi Kemasan

Inilah Beberapa Senyawa Berbahaya dalam Makanan Bayi Kemasan

Setiap orang tua pastinya ingin bayi mereka tumbuh dan berkembang secara optimal bukan, sehingga tak jarang jika kemudian banyak diantaranya yang mengupayakan berbagai macam cara untuk mendapatkan hal tersebut, konsumsi vitamin sampai dengan memberikan berbagai macam asupan makanan bayi kepada mereka. Namun apakah sudah ada jaminan bahwa bahan makanan yang diberikan kepada buah hati tersebut aman untuk mereka.

 Inilah Beberapa Senyawa Berbahaya dalam Makanan Bayi Kemasan

Faktanya secara tidak sadar banyak diantara masyarakat yang justru memberikan racun dalam bentuk makanan kepada buah hati, jadi dapat membunuh mereka secara perlahan tanpa disadari, mungkin efeknya tidak bisa langsung dirasakan, melainkan butuh proses selama beberapa tahun kedepan untuk mendapatkan efek tersebut. Jadi patut untuk diwaspadai.

 

Berikut ini setidaknya ada beberapa jenis senyawa atau zat yang berbahaya yang umum terdapatkan dalam makanan bayi Anda, tentunya harus diwaspadai, yaitu:

Baca Juga : 4 Jenis Makanan Bayi yang Efektif Menambah Berat Badan

  1. Pewarna makanan, zat warna yang ada dalam makanan sangat banyak jenisnya, mulai dari yang aman maupun tidak, kebanyakan diantara produk pewarna makanan dicampur dengan bahan kimia yang secara periodik bisa menjadi penyebab masalah kesehatan yaitu kerusakan bagian syaraf buah hati Anda. Jadi waspadai makanan yang memiliki warna tidak natural atau mencolok, karena sudah pasti ada zat warna yang ditambahkan ke dalamnya.
  2. rBGH dan rBST, sebagian mungkin lebih mengenalnya sebagai hormone sintetis atau buatan, senyawa yang satu ini banyak ditambahkan dalam produk susu formula yang dijual di pasaran, dengan fungsi untuk menggantikan kandungan gizi dari ASI, namun sebenarnya begitu berbahaya untuk anak-anak Anda karena bisa menangkal antibiotik di dalam tubuh, sampai menyebabkan kanker.
  3. Arsenik, ini adalah senyawa racun tingkat tinggi yang berasal dari pencemaran biasanya dijumpai pada beberapa produk makanan untuk bayi seperti diantaranya adalah cemilan atau sereal. Karena proses pengepakan atau pengemasan yang salah, sehingga terlalu lama berada dalam wadah tersebut membuat makanan tercemar senyawa arsenik yang bisa menyebabkan masalah serius seperti diantaranya adalah kanker.
  4. Nintrat dan nitrit, beberapa orang lebih mengenalnya sebagai zat pengawet yang digunakan pada makanan, selain berfungsi untuk mengawetkan, umumnya produk makanan dengan bahan ini juga akan tampil dengan warna lebih menarik. Pada bayi sendiri umumnya senyawa yang satu ini terdapat pada produk susu kemasan atau minuman yang memiliki warna-warna menggoda, patut untuk diwaspadai karena dapat memicu munculnya sel-sel kanker dalam tubuh.

 

Dibandingkan dengan membeli makanan bayi dalam kemasan atau yang sudah jadi, memang ada baiknya bagi para orang tua untuk membuat sendiri makanan tersebut. Selain lebih sehat juga jauh lebih hemat, namun memang terkadang bagi beberapa wanita yang sibuk tak sempat menyiapkannya, hanya saja jangan setiap hari memberi produk makanan siap jadi, selingi dengan buatan sendiri.

Be the first to comment on "Inilah Beberapa Senyawa Berbahaya dalam Makanan Bayi Kemasan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*