Inilah Cara Penanganan Bayi Sakit Perut Secara Cepat dan Tepat

Siapa yang menginginkan buah hatinya rewel terus-terusan, selain membahayakan untuk bayi hal tersebut tentunya akan membuat orang tua khawatir. Sebagai orang tua Anda harus peka apa yang dialami oleh bayi, kemungkinan buah hati rewel dapat diindikasikan bayi sakit perut. Selain si kecil rewel ada juga tanda lainnya seperti menolak saat pemberian ASI, makanan, atau mungkin buang air kecil ataupun besar yang tidak lancar. Jika hal tersebut terjadi tentunya orang tua harus segera melarikan ke dokter yang lebih ahli, karena jika tidak di segerakan hal itu tentu akan membahayakan kesehatan anak Anda.

Sakit perut merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh bayi, hal itu tentu membuatnya tidak nyaman sehingga selalu rewel. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dari buah hati yang terserang sakit perut, antara lain:

  1. Penyebab pertama yang perlu diketahui orang tua yaitu dari bayi yang menangis tidak terkendali, hal ini sering dialami oleh bayi yang berusia kurang dari lima bulan. Untuk tips mengatasinya secara medis memang belum bisa dipastikan. Jadi lebih baik orang tua sebisa mungkin untuk menghindari anak ada dalam kondisi seperti itu.
  2. Kemudian ada penyebab kedua yaitu adanya gas, sering ini terjadi pada anak usia kurang dari tiga bulan. Seperti yang diketahui bahwa anak mempunyai tahapan pencernaan yang masih dalam adaptasi dan perkembangan makanya masih sangat sensitive. Untuk cara mengatasi bayi sakit perut kembung ini orang tua harus hindari makan pedas dan juga berminyak karena itu berpengaruh pada ASI yang dihasilkan.
  3. Sembelit merupakan masalah selanjutnya yang menyebabkan buah hati Anda selalu rewel, hal ini dapat terjadi karena beberapa hal. Dalam hal ini orang tua harus memperbanyak makan yang mempunyai kandungan serat tinggi seperti buah, sayur dan juga kacang-kacangan supaya memproduksi ASI yang baik.
  4. Beberapa orang tua pernah mengalami bayi yang sering muntah saat setelah minum ASI? Jika hal ini terjadi bisa langsung segera untuk mengkonsultasikan kepada dokter ahli, karena jika dibiarkan akan menjadikan perut bayi yang semakin tidak nyaman dan mengancam kesehatan.
  5. Perut yang tidak nyaman atau sakit pada bayi juga dapat disebabkan karena diare atau sering muntah, kejadian seperti ini segera mungkin konsultasikan kepada dokter. Berikan asupan cairan yang banyak sebelum akhirnya bayi merasa dehidrasi yang semakin parah.

Memang tidak mudah merawat bayi apalagi jika sedang dalam kondisi tidak fit, kesehatan bayi sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Terutama pada makanan yang dikonsumsi ibu bayi, karena hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada ASI yang dihasilkan sebagai sumber utama nutrisi pada bayi baru lahir. Yang paling penting saat bayi sakit jangan langsung panik, pahami apa penyebabnya dan cara mengatasi dengan cepat dan tepat.

 

Be the first to comment on "Inilah Cara Penanganan Bayi Sakit Perut Secara Cepat dan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*