Inilah Ciri-ciri Perkembangan yang Sering Terjadi Pada Bayi 4 Bulan

Inilah Ciri-ciri Perkembangan yang Sering Terjadi Pada Bayi 4 Bulan

Memiliki bayi di rumah tentu memberikan warna tersendiri pada orang-orang di sekitarnya, khususnya untuk orang tuanya. Bayi akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang tuanya. Terlebih jika menyaksikan tumbuh kembang buah hati mereka secara langsung. Akan ada momen yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Memang setelah bayi lahir, perkembangannya akan semakin terlihat seiring dengan berjalannya waktu. Peran orang tua sangat diperlukan di masa-masa ini. Tak hanya dalam memenuhi kebutuhan asupan makanannya saja, namun juga dalam memberikan stimulasi untuk tumbuh kembangnya. Saat bayi 4 bulan, perkembangan sudah mulai terlihat. Jika sebelumnya setelah lahir bayi lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, maka semakin terlihat bayi sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

 Inilah Ciri-ciri Perkembangan yang Sering Terjadi Pada Bayi 4 Bulan

Perubahan-perubahan kecil mulai terlihat pada saat bayi menginjak usia 4 bulan. Saat si kecil sudah mulai menunjukkan perkembangan, maka orang tua bisa memberikan stimulasi agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan optimal. Stimulasi bisa berupa mengajak bicara, memberikan permainan, dsb. Sebelum bisa melakukannya, Anda harus mengenali ciri-ciri perkembangan yang sering terjadi pada bayi berusia 4 bulan, antara lain:

  • Gigi mulai terlihat tanda-tanda akan tumbuh.

Memasuki usia 4 bulan, bayi akan menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh gigi. Ciri-ciri yang terlihat, seperti sering ngiler, muncul ruam akibat air liur, dll. Selain itu, bayi jadi suka menggigit apapun yang dijangkau sebagai upaya untuk mengurangi rasa gatal pada gusi. Jika tanda-tanda ini terlihat, maka orang tua tidak perlu khawatir. Karena ini menunjukkan jika pertumbuhan bayi normal.

  • Ingin menggapai benda di dekatnya.

Saat bayi 4 bulan, kemampuan motoriknya akan semakin berkembang. Pada usia ini perkembangan akan terlihat dari bayi yang mulai tertarik untuk menggapai benda-benda di sekitarnya. Orang tua bisa memberikan benda-benda berupa mainan warna-warni agar motoriknya semakin berkembang.

  • Leher dan kepala sudah mulai tegak.

Di usia ini bayi juga sudah mulai bisa menahan berat dari kepala dan leher ketika tengkurap.

  • Mampu melihat dengan tajam.

Indera penglihatan bayi sudah mulai bisa mengenali objek dengan jelas. Bahkan bayi sudah bisa mengenali dan membedakan berbagai warna. Untuk itu, berikan mainan warna-warni yang cerah di dekat tempat tidurnya.

  • Mulai tertarik mengikuti setiap gerakan dan suara di sekitarnya.

Saat seseorang di sekitarnya melakukan gerakan, bayi di usia 4 bulan akan menunjukkan ketertarikan untuk melihatnya. Misalnya, jika Anda berlalu lalang di depannya, maka indera penglihatannya akan mengikuti pergerakan Anda. Hal yang sama juga terjadi saat mendengar suara yang ada di sekitarnya. Si kecil akan mencari-cari sumber suara tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Mampu membuat ekspresi tersenyum, tertawa, maupun cemberut.

Bayi 4 bulan juga sudah mulai bisa menunjukkan ekspresi yang beragam. Beberapa diantaranya, seperti mulai berkomunikasi lewat tertawa, tersenyum saat senang, dan menunjukkan raut cemberut saat sedang kesal. Ekspresi bayi yang beragam inilah yang terkadang membuat para orang tua gemas.

 

 

Be the first to comment on "Inilah Ciri-ciri Perkembangan yang Sering Terjadi Pada Bayi 4 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*