Inilah Daftar Lengkap Makanan Bayi Usia 6 Bulan yang Paling Bergizi

Inilah Daftar Lengkap Makanan Bayi Usia 6 Bulan yang Paling Bergizi

Sampai saat ini ASI atau air susu ibu merupakan makanan bayi terbaik yang harus diberikan sampai anak Anda berumur 2 tahun. Namun, jika bayi Anda sudah memasuki usia 6 bulan, maka perlu di beri makanan pendamping asi karena pada usia tersebut biasanya proses pencernaan bayi sudah mulai sempurna. Memberi asupan makanan pendamping Asi perlu Anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang seimbang untuk bayi Anda. Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum memberikan asupan makanan ini adalah tekstur makanan tersebut yang harus sehalus mungkin sesuai dengan kemampuan bayi untuk mencerna.

Inilah Daftar Lengkap Makanan Bayi Usia 6 Bulan yang Paling Bergizi

Selain tekstur, kualitas bahan dan campuran lainnya yang ada di makanan pendamping ASI ini juga perlu Anda periksa dengan teliti. Belilah makanan tersebut hanya di toko yang terpercaya atau dengan merek terkenal yang sudah terjamin kualitasnya. Akan lebih baik lagi, jika Anda membuat sendiri semua makanan pendamping ASI untuk bayi Anda supaya lebih terjamin kebersihan dan kualitasnya. Berikut ini akan kita bahas daftar makanan apa saja yang tepat dan paling bergizi untuk bayi usia 6 bulan, yaitu:

  • Buah pisang.

Hampir semua orang menyukai buah berwarna kuning memanjang ini, karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, asam folat, fosfor dan kalsium, buah pisang juga sangat bagus dan direkomendasikan sebagai makanan pendamping ASI yang paling bergizi. Anda bisa menjadikannya sebagai bubur maupun memberikannya secara langsung sedikit demi sedikit menggunakan sendok.

  • Bubur pepaya.

Makanan bayi selanjutnya adalah buah pepaya. Buah ini memiliki kandungan enzim papain yang bagus untuk melancarkan proses pencernaan bayi. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan asam folat dan zat besi untuk membantu perkembangan otak bayi Anda.

  • Bubur alpukat.

Anda dapat memberikan bubur alpukat sebagai makanan pendamping ASI kepada bayi Anda. Selain bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam rasa, buah ini juga mengandung vitamin A, C, kalsium dan magnesium yang tinggi. Semua nutrisi ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kemampuan motorik bayi.

  • Wortel.

Buah yang bentuknya memanjang dengan warna yang cantik ini ternyata juga memiliki khasiat yang bagus untuk bayi. Wortel terbukti memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan akan sangat berguna untuk nutrisi kesehatan organ mata dan kulit pada bayi.

  • Bubur susu.

Anda juga bisa memberikan asupan bubur susu untuk bayi Anda yang telah memasuki usia 6 bulan. Bubur ini dapat Anda buat sendiri dengan bahan tepung beras merah dengan tambahan susu bayi. Hal ini dikarenakan tepung beras merah dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan tepung beras putih.

Baca juga Jenis Makanan Bayi Yang Mendukung Kecerdasan Otak

Itulah daftar lengkap makanan bayi usia 6 bulan yang paling bergizi dan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk membantu tumbuh kembang bayi Anda.

 

Be the first to comment on "Inilah Daftar Lengkap Makanan Bayi Usia 6 Bulan yang Paling Bergizi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*