Inilah Manfaat Penting Membawa Balita ke Posyandu

Inilah Manfaat Penting Membawa Balita ke Posyandu

Posyandu merupakan wadah pemeliharaan kesehatan atau pusat kegiatan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan dan keluarga berencana. Umumnya ada dua jenis pelayanan kesehatan yaitu untuk balita dan lansia. Di bawah ini akan kita bahas pentingnya membawa balita Anda ke tempat pelayanan kesehatan, karena sebenarnya hal ini juga sesuai dengan misi pemerintah untuk mendukung dan selalu menjaga kesehatan balita. Didalam suatu daerah umumnya pasti ada sebuah wadah kesehatan yang memang disediakan untuk masyarakat sekitar yang berada dikawasan tersebut.

Inilah Manfaat Penting Membawa Balita ke Posyandu

Sebagai seorang ibu yang peduli akan kesehatan anaknya sudah seharusnya Anda rutin membawa balita Anda ke tempat pelayanan kesehatan. Selain fokus untuk memberikan pelayanan kepada ibu dan anak dalam mensejahterakan kesehatan masyarakat dengan berbagai program dan pelayanan terpadu. Ada beberapa tujuan umum dari wadah kesehatan masyarakat ini yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Menjalankan program untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.
  • Mewujudkan keluarga kecil yang memahami bagaimana gaya hidup sehat dan sejahtera.
  • Meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya ibu dan anak untuk mencegah angka kematian balita dan ibunya.

Untuk dapat mencapai tujuan di atas, biasanya banyak tempat pelayanan kesehatan yang akan mengadakan serangkaian kegiatan untuk menyampaikan bahwa kesehatan merupakan hal yang berperan penting dalam kehidupan. Selain itu, jika Anda rutin membawa balita Anda ke posyandu, selain untuk berobat disaat sakit, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Pemantauan kesehatan.

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan jika rutin memeriksakan kesehatan balita Anda ke tempat pelayanan kesehatan adalah Anda dapat memantau tumbuh kembang balita Anda secara detail dan dibimbing langsung oleh pakar kesehatan balita. Layanan kesehatan ini biasanya berupa penimbangan berat badan, ukuran tinggi badan dan kondisi kesehatan balita.

  • Perbaikan gizi.

Keberadaan tempat pelayanan kesehatan sendiri sebenarnya untuk selalu mendukung perbaikan gizi dan kesehatan balita. Anda akan diberi pengetahuan tentang makanan dan minuman apa saja yang baik dikonsumsi oleh balita Anda.

  • Imunisasi.

Imunisasi biasanya sudah dilakukan sejak umur balita masih bayi sampai anak-anak. Tempat pelayanan kesehatan ini adalah wadah dimana anak Anda akan mendapatkan imunisasi tersebut. Pemberian vaksin melalui imunisasi sangat penting untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh balita Anda.

Baca juga Bunda, Yuk Rutin ke Posyandu

Itulah beberapa manfaat penting yang perlu Anda ketahui dan bisa didapatkan jika Anda rutin memeriksakan kesehatan balita Anda ke posyandu terdekat. Selain itu, tempat pelayanan kesehatan umumnya juga akan memberikan informasi keluarga berencana atau KB untuk para calon ibu muda. Hal ini sangat penting untuk menekan angka kematian ibu dan anak, jadi meskipun balita Anda kelihatannya sehat, jangan ragu untuk memeriksakannya ke tempat pelayanan kesehatan terdekat supaya dapat mengetahui tumbuh kembangnya dengan baik.

 

 

Be the first to comment on "Inilah Manfaat Penting Membawa Balita ke Posyandu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*