Inilah Rahasia Sederhana Saat Memandikan Bayi Bagi Orang Tua Baru

Sebagai orang tua yang baru mempunyai anak pertama kalinya mungkin banyak hal yang masih ditakutkan untuk melakukan sendiri terutama saat memandikan bayi yang baru lahir. Hal ini tentunya wajar apalagi bayi memang masih sensitive, salah saja saat melakukan perawatan tentu akan beresiko besar. Tetapi perasaan yang ketakutan tersebut akan hilang dengan sendirinya karena telah melakukan persiapan yang matang. Sebelumnya memang perlu banyak yang diperhatikan saat akan memandikan buah hati misalnya dari mulai waktu yang tepat, cara yang tepat dan lain sebagainya.

Terkadang orang tua pemula juga perlu dampingan untuk pertama kalinya, tetapi kalau kondisi mengharuskan untuk melakukannya sendiri harus tetap siap. Berikut ini ada beberapa tahapan yang dapat Anda jadikan sebagai langkah pemandian bayi dengan tepat yaitu:

Baca juga: Langkah-langkah Memandikan Bayi Secara Benar

  • Siapkan tempat.

Sebelumnya orang tua harus menyiapkan tempat untuk bayi, misalnya seperti bak mandi bayi. Pastikan meletakkan bak pada posisi yang tepat rata, stabil dan dapat membuat orang tua maupun bayi merasa nyaman.

  • Siapkan peralatan.

Seperti halnya kebutuhan mandi orang dewasa, orang tua harus menyiapkan juga sebelumnya berbagai peralatan yang akan digunakan mulai dari sabun, shampoo, handuk, waslap, krim bayi, bedak, minyak bayi dan juga pakaian bersih. Pastikan untuk perlengkapan mandi seperti sabun maupun shampoo aman digunakan untuk bayi.

  • Perhatikan temperature air.

Sebelum memasukkan bayi kedalam bak lebih baik orang tua persiapkan terlebih dahulu temperature yang akan digunakan. Sangat disarankan untuk memandikan bayi jangan menggunakan air yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Dan hindari untuk melakukan penuangan air lagi setelah bayi berada pada bak.

  • Mandikan bayi.

Setelah perlengkapan siap, air bak juga sudah siap saatnya untuk melepaskan pakaian bayi kemudian mandikan. Jangan siram bayi dengan air, pastikan Anda mengusapnya dengan handuk basah secara lembut dari mulai atas kepala sampai seluruh tubuh. Perhatikan juga lipatan-lipatan yang ada di tubuh bayi yang beresiko banyak jamur ataupun bakteri jahat. Waktu memandikan buah hati juga tidak boleh lebih dari 5 menit.

  • Angkat bayi dari bak.

Setelah sudah dirasa cukup segera angkat bayi dan keringkan menggunakan handuk yang mempunyai tekstur lembut. Setelah itu orang tua dapat mengoleskan bedak, minyak bayi, krim bayi yang tentunya sudah dipastikan keamanannya. Dan selanjutnya pakaikan pakaian bersih dan bayipun sudah bersih serta harum.

Jika dilihat memang sangat sederhana tetapi jika tidak dilakukan atau dilatih sebelumnya hal itu akan susah untuk dilakukan. Selain untuk memperhatikan cara memandikan bayi yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan perawatan pada bayi lainnya. Seperti perawatan mulut, perawatan kulit, perawatan rambut dan banyak lagi. Dengan begitu bayi Anda akan selalu terlihat bersih, harum dan tentunya selalu sehat.

 

Be the first to comment on "Inilah Rahasia Sederhana Saat Memandikan Bayi Bagi Orang Tua Baru"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*