Jadikan Baju Bayi Lebih Awet dan Nyaman dengan 4 Bentuk Perawatan Berikut!

Selain memilihkan baju bayi yang bagus dan modelnya lucu sudah tentu setiap orangtua juga wajib memberikan perawatan pada baju-baju tersebut. Pakaian untuk si kecil tentu tidak sekali pakai melainkan dipakai sampai beberapa kali dan kalau sudah tidak muat baru diganti. Baju yang sudah tidak terpakai pun baiknya dirawat sebaik mungkin agar aman dan kondisinya masih bagus. Sehingga saat memiliki anak lagi maka belanja kebutuhan baju bisa lebih sedikit, bisa pula diberikan kepada orang lain yang memiliki bayi.

Kiat Merawat Koleksi Pakaian Si Kecil

Dalam merawat baju khusus si kecil ternyata tidak bisa disamakan saat merawat baju Anda selaku orang dewasa sebab butuh perlakuan khusus. Mengingat bahan, ukuran, dan karakter kulit anak memang khas salah melakukan perawatan bisa membuat kulitnya teriritasi. Menghindarinya maka simak beberapa kiat perawatan pakaian bayi berikut ini:

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemilihan Baju Bayi Agar Mendapatkan yang Cocok dan Sesuai

  • Gunakan detergen khusus,

Baiknya tidak sembarangan saat memilih detergen guna dipakai mencuci pakaian bayi Anda sebab bisa jadi meninggalkan residu dan mengandung zat kimia berbahaya. Lebih baik dan lebih aman jika memakai detergen khusus baju batita, jika terlalu mahal bisa diganti dengan detergen cair.

  • Cuci selalu dengan tangan,

Bahan pada baju bayi cenderung lebih rapuh dan akan mudah melar apalagi sampai robek dan tidak layak pakai lagi jika perlakuan saat mencucinya salah. Terlalu sering memanfaatkan mesin cuci bisa membuat pakaian si kecil perlahan rusak satu per satu. kemudian ada resiko kotoran pada pakaian bayi tidak terangkat sempurna maka lebih aman dicuci manual memakai tangan. Bagian per bagian akan dipastikan sudah bersih total selain itu baju juga lebih awet.

  • Tambahkan pelembut dan pewangi,

Memperhatikan kelembutan pakaian bayi juga penting sebab jika seratnya kasar bisa melukai kulit si kecil. Perlahan koleksi baju lama pun akan mulai berserabut, dan akan semakin cepat jika dicuci dengan proses yang salah. Akan sangat baik jika usai mencuci baju-baju si kecil direndam dengan pelembut dan juga pewangi. Sehingga menjaga serat kain tetap rapi dan halus, kemudian aromanya juga lebih wangi namun tambahkan sedikit saja kalau perlu pelembut khusus pakaian bayi.

  • Simpan dalam wadah bersih dan kering,

Pakaian bayi tetap akan mudah rusak apabila tidak disimpan dengan benar maka perhatikan kondisi lemari atau laci yang dipakai. Pastikan tidak hanya bersih namun juga kering, sehingga jauh dari resiko berjamur karena kelembaban yang tinggi. Gunakan laci dan lemari dari bahan kayu, supaya lebih awet dan mudah dirawat juga. Penyimpanan yang lama baiknya menambahkan kamper, tapi kalau baju bayi masih sering dipakai baiknya tidak usah sebab bisa jadi kamper meninggalkan zat kimia.

Be the first to comment on "Jadikan Baju Bayi Lebih Awet dan Nyaman dengan 4 Bentuk Perawatan Berikut!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*