Jangan Gunakan Ponsel Berlebihan, Ini Dia Bahaya HP Bagi Kesehatan!

Pada era teknologi informasi yang semakin gencar seperti saat ini, tentunya segala aktivitasmu sudah tak jauh jauh lagi dari yang namanya gawai. Ya, sebuah alat yang cukup mudah digenggam atau lebih dikenal dengan handphone. Adalah alat yang menjangkau adanya komunikasi jarak jauh hingga memungkinkan adanya penyerapan informasi dari seluruh dunia, yang dikenal dengan istilah kemampuannya untuk menjalani proses browsing. Namun tahukah kamu bahwa bahaya radiasi juga semakin mengintai bila kamu terlalu sering menggunakan handphone atau telepon genggam. Dan apa sajakah bahayanya?

Silakan disimak ya!

Jenis radiasi handphone yang dipancarkan adalah berupa radiasi gelombang elektromagnetik. Yang mana saat kita sedang melakukan aktivitas berbicara melalui telepon seluler, sebuah pemancar akan menerima bunyi dari suara dan mengkodekannya ke dalam gelombang sinus yang tanpa henti. Gelombang sinus pun berfluktuasi dengan datar melalui angkasa saat mengalami gelombang yang berubah ubah.

Telepon seluler yang biasa kita gunakan memang memiliki radiasi yang rendah, biasanya akan bekerja pada daya 0,75 hingga 1 watt. Namun, bila terus menerus digunakan maka bukanlah tak mungkin bila sedikit sedikit lama lama akan menjadi bukit sehingga bahaya hp bagi kesehatan juga sering muncul. Bahaya radiasi di antaranya, seseorang bisa mengalami sakit kepala hingga mengalami penurunan daya ingat, gangguan pada otak, hingga gangguan pada janin, baca selengkapnya di sini.

Meskipun masih belum ada bukti bahwa radiasi handphone menyebabkan efek buruk untuk jangka panjangnya. Namun, tak salah jika kamu harus mulai membatasi adanya penggunaan telepon selulermu dengan mengambil pencegahan sederhana untuk mengurangi tingkat radiasi pada handphone milikmu.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Gunakanlah headset saat frekuensi untuk saling bertelepon lebih sering.
  • Batasi penggunaan telepon di dalam gedung karena mungkin saja radiasi akan lebih cepat untuk sampai pada tubuh kita.
  • Jauhkan handphone kamu dari tubuh saat tidak sedang digunakan.
  • Selalu atur dan batasi penggunaan telepon seluler bagi anak-anak.

 

 

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa mereka yang kehidupannya tak bisa lepas dari handphone, justru merasa bahwa dirinya kurang bahagia. Penelitian ini dilakukan terhadap sebanyak 500 remaja yang berusia antara 18 hingga 22 tahun. Para peneliti mengukur bagaimana handphone dapat mempengaruhi pandangan kehidupan dan juga nilai dari ujian mereka. Hasilnya, setelah sering menggunakan ponsel, mereka justru memiliki rasa cemas yang berlebihan karena memiliki kewajiban untuk tetap berhubungan secara konstan. Hal ini juga dapat dilihat dari mereka yang kerap menggunakan jejaring sosial. Semacam ada kecanduan atau keterikatan untuk tetap menggunakannya walau hanya sekedar untuk melihat lihat.

Beberapa bahaya hp bagi kesehatan manusia adalah

  1. Timbulnya gangguan pada otak

Bahaya radiasi yang dikeluarkan dari telepon seluler kerap memberikan rasa was-was juga. Terutama dengan adanya radiasi dari RF (Radio Frequency) yang mana RF ini akan dikeluarkan oleh ponsel saat dalam keadaan aktif atau saat tengah mencari sinyal.

Radiasi RF dalam jangka waktu yang panjang juga dapat mengganggu  sistem kekebalan jaringan otak sehingga berpotensi menyebabkan adanya kerusakan otak secara permanen. Di sinilah bahayanya.

  1. Timbul rasa sakit kepala

Bila kamu masih sering meletakkan ponselmu di dekat kepala saat tidur, lalu ketika bangun merasakan pusing hingga sakit kepala. Ada baiknya kamu mengubah kebiasaan itu sekarang. Mulai dari kamu menjauhkan ponselmu saat kamu tidur, hingga menonaktifkan sinyal atau ubah ke dalam air plane mode.

  1. Mengurangi produksi sperma

Bagi kamu yang seorang pria, hati-hati karena radiasi hp juga dapat mengurangi produksi sperma. Apalagi dengan ponsel yang selalu disimpan pada saku celana.

  1. Bahaya bagi ibu hamil

Bagi wanita yang sedang mengandung, sebaiknya juga menghindari adanya penggunaan ponsel yang berlebihan. Barangkali radiasi yang ada akan mengganggu janin yang ada pada dalam kandungan.

  1. Tekanan darah yang mengalami peningkatan

Adanya radiasi gelombang RF juga dapat meningkatkan tenakan darah sebanyak 5 sampai 10 hg dengan lebih cepat. Hal ini juga termasuk sebagai pemicu timbulkan beberapa penyakit lainnya, di antaranya adalah stroke.

Jadi, masih mau menggunakan ponselmu secara berlebihan?

 

Be the first to comment on "Jangan Gunakan Ponsel Berlebihan, Ini Dia Bahaya HP Bagi Kesehatan!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*