Jangan Sepelekan Waktu Tidur Anak Balita Anda

Jangan Sepelekan Waktu Tidur Anak Balita Anda

 

Tidur merupakan kebutuhan mutlak bagi anak-anak, bayi, balita, remaja hingga dewasa. Karena ketika tidur, sel-sel tubuh mulai beregenerasi dan mendukung pertumbuhan fisik serta mental. Menurut penelitian, saat tidur otak akan menyaring dan menyimpan informasi, mengganti bahan kimia, dan memecahkan masalah.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur Balita Anda

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap perkembangan balita Anda. Pastikan si kecil tidur nyenyak dan lelap serta sesuai dengan waktu tidur. Beberapa hal harus Anda perhatikan untuk menjaga tidur si kecil yakni mulai menidurkan bayi antara pukul 18.30 -19.00 karena merupakan waktu yang tepat. Selain itu mandi dengan air hangat dapat merelaksasi tubuh terutama kulit dan otot serta membuat buah hati lebih tenang dan rileks. Setelah selesai mandi, pakaikan baju yang terbuat dari serat alami karena nyaman dan menyerap keringat. Gunakan pencahayaan yang redup, Anda juga dapat memijat lembut si kecil selama 15 menit agar cepat tertidur.

Untuk memaksimalkan langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat bedong. Hal ini karena bedong memberikan sensasi yang sama seperti ketika ia berada di dalam kandungan. Saat sudah terlelap, si kecil kemungkinan terbangun. Saat seperti ini Anda sebaiknya memberikan ASI. Pemberian ASI juga dapat dilakukan saat sebelum tidur. Karena efek kenyang akan membuat si kecil lebih terlelap.

Jangan Sepelekan Waktu Tidur Anak Balita Anda

  • Relaksasi untuk Bayi Anda

Untuk memberikan efek relaksasi Anda dapat mencoba memberikan minyak esensial lavender dikenal dapat memberikan efek menenangkan. Tetapi sebaiknya bagi balita usia di bawah 6 bulan atau berhidung sensitif, wewangian sebaiknya hanya berasal dari perlengkapan tidur balita Anda. Selain itu Anda dapat menaruh telapak tangan di perut, lengan dan kepala agar memberikan efek tenang. Mendongeng juga dapat menjadi salah satu solusi yang mengantarkan mereka tidur lebih cepat.

  • Waktu Tidur Ideal

Waktu tidur ideal bagi balita Anda antara lain: Bayi baru lahir usia 0-3 bulan memiliki waktu tidur ideal 14-17 jam per hari. Sedangkan untuk bayi usia 4 -11 bulan, memiliki waktu tidur ideal 12 – 15 jam per hari. Sedangkan batita usia 1-2 tahun memiliki waktu tidur sebanyak 11 – 14 jam. Dan yang terakhir bagi balita usia 3-5 tahun disarankan tidur 10-13 jam per hari.

  • Akibat Jika Bayi Kurang Tidur

Kurang tidur pada bayi sangat berbahaya dampaknya. Tanda kurang tidur pada bayi yang dapat diamati yakni terus menerus menangis beberapa studi menunjukkan bahwa balita yang tidurnya kurang rentan terkena gangguan konsentrasi, pertumbuhan yang terhambat dan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh sehingga menyebabkan mudah terserang penyakit. Studi yang dilakukan di Amerika terhadap 9000 anak memperoleh hasil bahwa anak yang tidur kurang dari 9 jam per hari menyebabkan emosi kurang stabil dan lebih mungkin menunjukkan sikap impulsif, ledakan emosi.

Baca juga https://bayionline.net/

Kecukupan waktu tidur balita memainkan peran penting terhadap perkembangan kognitif. 

Be the first to comment on "Jangan Sepelekan Waktu Tidur Anak Balita Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*