Jangan Tergiur Harga Baby Walker yang Murah untuk Bayi

Setiap orangtua tentunya ingin melihat anak dengan perkembangan yang pesat, salah satunya adalah ingin melihat anak agar segera bisa berjalan. Oleh karena itu banyak orangtua yang menggunakan baby walker untuk membantu anak belajar berjalan, apalagi harga baby walker yang murah membuat banyak orang tua yang membeli baby walker untuk anak mereka.

Harga baby walker memang tergolong murah, berkisar antara Rp 200 ribuan hingga Rp 300 ribuan. Bahkan, ada juga yang harganya Rp 150 ribuan. Hal ini tentunya membuat para orangtua tergiur untuk membeli alat ini, apalagi banyak orangtua memandang bahwa baby walker bisa mengalihkan perhatian anak dan membuatnya sibuk bermain saat orangtua memiliki kesibukan.

Namun, apakah benar baby walker memang bermanfaat untuk membantu anak belajar berjalan? Ternyata tidak, bahkan ditemukan fakta bahwa penggunaan baby walker bisa menghambat anak untuk belajar berjalan karena baby walker hanya memudahkan bayi agar dapat berjalan dan bergerak kesana kemari.

Ketika menggunakan baby walker, biasanya kaki bayi dalam keadaan menggantung atau hanya ujung kaki bayi saja yang menyentuh lantai. Hal ini akan membuat bayi menjadi malas berjalan karena keberadaan baby walkernya.

Selain itu, penggunaan baby walker hanya menguatkan tungkai kaki bawah saja, sedangkan tungkai bagian atas serta pinggul yang tidak digunakan menjadi tidak terlatih. Baby walker juga membuat bayi tidak bisa melihat kakinya sehingga bayi tidak mampu belajar menyeimbangkan kaki ketika berjalan.

Ketika menggunakan baby walker, bayi akan mudah bergerak ke sana ke mari dengan kecepatan dan gerakan yang tidak bisa dikontrol. Apabila tidak ada yang mengawasi, hal ini tentunya akan berbahaya bagi bayi, karena bayi bisa terjatuh dari tangga, terkena kabel listrik, pisau, atau terjungkal ketika melewati tempat yang permukaannya tidak rata.

Penggunaan baby walker juga bisa membuat pernafasan terhambat dan bentuk tulang punggung bayi berubah, hal ini karena tulang bayi masih lunak sehingga ketika bayi terlalu dini menggunakan baby walker bisa merusak atau mengubah bentuk tulang tubuhnya.

Baby walker untuk bayi memang memiliki beberapa manfaat, namun jika dibandingan dengan efek negatif yang diakibatkan baby walker, hendaknya para orangtua berpikir ulang untuk menggunakan baby walker pada bayi, khususnya bayi yang masih berusia beberapa bulan. Untuk membuat anak lancar berjalan, sebaiknya anak dilatih berdiri serta berjalan secara alami dengan merambat pada benda-benda sekitar.

Para orangtua hendaknya memperhatikan betul perkembangan bayi, jangan hanya memandang sesuatu secara instan, termasuk ketika anak belajar berjalan dengan memberikan baby walker. Orangtua jangan tergiur dengan harga baby walker yang murah namun akhirnya mengesampingkan keamanan dan kesehatan bayi. Biarkan anak berproses dan belajar, salah satunya adalah ketika anak belajar berjalan.

Be the first to comment on "Jangan Tergiur Harga Baby Walker yang Murah untuk Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*